70 Maktab Disiapkan untuk Jemaah Haji Indonesia di Arafah

Harun Al Rasyid saat tinjau kesiapan Armuzna
Sumber :
  • MCH 2023

MEKKAH – Menanti wukuf di Arofah Makkah, Jemaah haji ini akan menempati  70 maktab yang dipetakan dalam 11 sektor adhoc mulai dari 1 sampai 11 sektor adhoc. Setiap 1 adhoc akan membawahi 8-9 maktab berisi 7 kloter.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Jemaah Haji Indonesia akan bergerak dari Mekkah ke Arafah tanggal 8 Dzulhijah atau 26 Juni 2023, menggunakan Bus lalu menempati 70 Maktab. Mereka akan melaksanakan Wukuf yang merupakan puncak ibadah haji.

Tenda di Arafah

Photo :
  • MCH 2023
Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Kesiapan Armuzna

Photo :
  • MCH 2023

Wukuf di Arafah merupakan rukun ibadah haji. Wukuf dilakukan mulai tergelincir matahari pada 9 Dzulhijjah (27 Juni 2023) hingga terbit fajar pada 10 Dzulhijjah (28 Juni 2023).

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Kabid Bimbingan ibadah haji dan pengawasan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh, KBIHU  PPIH Arab Saudi, Suratman saat mengecek skema haji di Armuzna mengatakan pada 9 Dzulhijjah saat itulah pelaksanaan wukuf di Arofah. 

"Dimulai Salat Dzuhur berjamaah, kemudian khutbah wukuf, doa dan dzikir. Setelah itu jemaah dipersilakan untuk melaksanakan ibadah secara pribadi."

Di katakan Suratman, selama di Arafah, jemaah haji sebaiknya berdiam diri di tenda dan memperbanyak amalan ibadah seperti membaca Al-Qur'an, zikir dan lainnya. 

Pada tanggal 9 Dzulhijjah, jemaah bergerak ke Muzdalifah, dan ke Mina mulai pukul 14.00 WAS.
Pada 10 Dzulhijjah, jemaah memiliki kewajiban haji yakni melaksanakan jumratul Aqobah. Setelah itu kembali ke pemondokan atau tenda di Mina.

Pada 11 Dzulhijjah (29 Juni 2023) jemaah melaksanakan jamratul Ula, Wustha, Aqobah. Begitu juga pada 12 Dzulhijjah (30 Juni 2023).

"Kalau jemaah melakukan nafar awal maka kembali ke Makkah. Tapi bagi yang nafar tsani mesti melanjutkan tanggal 13 Dzulhijjah melaksanakan lagi jamarat Ula, Wustha, Aqobah," ujar Kepala Bidang Perlindungan Jemaah Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Harun Ar Rasyid.

Setelah itu, sebelum matahari terbenam jemaah kembali ke Makkah untuk selanjutnya melakukan tawaf iffadah, sai, dan tahalul. "Itulah selesai rangkaian ibadah haji pada tanggal 13 Dzulhijjah atau 1 Juli 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya