Ganjar Pranowo Bakal Kawal dan Lanjutkan Program Jokowi

Presiden Jokowi bersama Gubernur Jateng sekaligus capres Ganjar Pranowo.
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace Simbolon

Jakarta - Bakal calon presiden (capres) dari PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo mengatakan, banyak program pembangunan bentukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang harus dilanjutkan. Salah satunya pembangunan infrastruktur di Indonesia

Oposisi Diperlukan agar Ada yang Mengingatkan kalau Ada Penyimpangan, Menurut Pakar BRIN

Menurut Ganjar, program pembangunan yang telah digagas Jokowi selama dua periode memimpin Indonesia adalah salah satu langkah dalam mewujudkan mimpi Bung Karno.

"Pak Jokowi sudah memberikan banyak kepada Indonesia selama 10 tahun, luar biasa. Mulai dari infrastruktur yang dibangun luar biasa, kemudian bansos, kemudian kita mencoba menjadi negara yang mandiri," kata Ganjar saat bertemu ribuan masyarakat NTB di lapangan nasional, Selong, Lombok Timur, NTB, seperti dikutip, Senin, 19 Juni 2023.

Isu Duet Anies-Ahok di Pilkada DKI, Ganjar: Daftar Dulu Aja

Presiden Jokowi dan Ganjar Pranowo Salat Idul Fitri di Masjid Sheikh Zayed Solo

Photo :
  • Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

"Pak Jokowi berupaya mewujudkan mimpi dari Bung Karno agar kita bisa berdikari dalam ekonomi," sambungnya.

Ganjar Tegaskan Jadi Oposisi Mewakili Pribadi: Kalau Partai Akan Memutuskan Saat Rakernas

Ganjar lantas menyoroti sumber daya alam yang dimiliki Indonesia. Kata dia, aset-aset Indonesia termasuk sumber daya alamnya harus dikelola oleh anak bangsa sepenuhnya sehingga nilai tambahnya pun dapat lebih dirasakan masyarakat.

"Banyak sumber daya alam kita yang sudah saatnya dikelola anak bangsa. Kalau Freeport tidak diambil alih, kalau nikel kita tidak dijual ke negara asing dan bisa kita olah sendiri, maka nilai tambahnya ada di kita. Ini PR yang harus kita selesaikan," tuturnya. 

Demi mewujudkan hal itu, maka harus ada langkah yang sama dilakukan oleh penerus Jokowi. Kata dia, jika seluruh program dan sumber daya dikelola dengan lebih baik oleh anak bangsa, akan semakin memberikan dampak yang luas.

Ia juga menyebut tingkat kemakmuran pada kehidupan masyarakat akan semakin meningkat dengan langkah tepat dalam keberlanjutan program pemerintah, khususnya Jokowi saat ini.

"Maka seluruh program yang sudah diberikan oleh pak presiden, saatnya kita berikan nilai tambah yang lebih cepat, baik, agar manfaat pada kemakmuran lebih banyak. Itu yang harus kita kawal bersama," ujar Ganjar.

Lebih lanjut, Gubernur Jawa Tengah itu lantas mengajak seluruh masyarakat khususnya yang berada di Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk ikut andil dalam melanjutkan program-program pembangunan pemerintah.

"Maka, keterlibatan Anda, bapak ibu semua yang hari ini hadir, kita jaga bersama," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya