Dua Bakal Capres Akan Hadiri Peringatan Harlah PMII di Solo, Minus Anies

Konferensi pers panitia puncak Harlah PMII ke 63 tahun di Solo
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Solo – Sebanyak 20 ribu kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) akan menghadiri puncak peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-63 tahun PMII yang akan digelar di Benteng Vasternburg, Solo pada Jumat, 23 Juni 2023 mendatang. 

PPP Bakal Gelar Rapimnas Tentukan Arah Politik, Berani Gak jadi Oposisi Prabowo?

Acara tersebut rencananya juga akan dihadiri Presiden Jokowi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto hingga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Ketua Umum Pengurus Besar (PB) PMII Muhammad Abdullah Syukri mengatakan kegiatan Harlah PMII ke-63 tahun dipusatkan di Kota Solo pada Jumat, 23 Juni 2023 mendatang. Menurut dia harlah atau hari ulang tahun PMII sebetulnya tidak jatuh pada bulan Juni tetapi pada bulan April lalu.

Gibran Bareng Sandiaga Nobar Laga Timnas Indonesia Vs Uzbekistan di Balai Kota Solo

"Kalau secara tanggal itu tanggal 17 April yang lalu tapi karena waktu itu berbarengan dengan cuti bersama maka baru bisa diagendakan pada bulan Juni hari ini," kata dia kepada wartawan di UNS Tower Solo, Rabu, 21 Juni 2023.

Menurut dia, dipilihnya kota kelahiran Presiden Jokowi  menjadi tuan rumah harlah bukan tanpa alasan. Pasalnya pada penyelenggaraan Harlah PMII sebelumnya telah digelar di di sejumlah kota seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya.

Mardiono Akui Bakal Segera Temui Prabowo: Sedang Kita Atur Waktu

Presiden Buka Kongres PMII ke 19

Photo :
  • ANTARAFOTO/Basri Marzuki

Diketahui, pada tahun-tahun sebelumnya penyelenggaraan Harlah PMII telah digelar di sejumlah kota seperti di Jakarta, Bandung dan Surabaya. Saat di Jakarta, peringatan harlah digelar secara terbatas karena masih pandemi. Sedangkan harlah yang digelar secara besar-besaran di ITB Bandung pada 2018 lalu.

"Tahun lalu di Jakarta digelar secara terbatas karena pandemi dan dihadiri Wakil Presiden. Waktu di Bandung pada 2028 lalu itu Pak Presiden Jokowi hadir. Di Surabaya tahun 2015 lalu Pak Jokowi juga hadir," kata Syukri.

"Karena di Jakarta sudah pernah, di Jawa Barat sudah, di Jawa Timur sudah maka kita putuskan melalui rapat panitia dilakukan di Jawa Tengah di Solo. Jadi rutenya begitu dan diputuskan di Solo," tambahnya.

Rencananya, Harlah PMII yang dipusatkan di Benteng Vasternburg, Solo itu akan dihadiri Presiden Jokowi. Menurut Syukri, rencana kedatangan Presiden Jokowi itu hingga saat ini masih terjadwal dan belum ada perubahan.

"Mensesneg Pak Pratikno hingga hari ini masih mengkonfirmasi kehadiran Pak Jokowi," sebutnya.

Selain dihadiri Presiden Jokowi, lanjut dia, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju juga akan hadir diantaranya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Pemuda dan Olaharga Dito Ariotedjo, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah, Menteri Desa Abdul Halim Iskandar, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan lainnya.

Tak hanya itu harlah tersebut juga akan dihadiri Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, serta seluruh alumni PMII lintas profesi baik eskekutif, legislatif, akademisi maupun profesional.

"Kalau dari internal kita, kita punya banya senior-senior seperti Wakil Ketua DPR RI Gus Abdul Muhaimin Iskandar selaku pembina kita juga insyaallah akan hadir. Lalu Wakil Ketua Majelis Pembina kita Habib Umar Muthohar akan membacakan doa itu juga akan hadir. Jadi ini akan menjadi panggung bersama pemimpin bangsa," ujar dia.

Sementara itu jumlah kader PMII yang akan hadir dalam harlah tersebut, Syukri menyebut sebanyak 20 ribu kader seluruh Indonesia akan hadir. 

Para kader yang akan membanjir acara harlah itu berasal dari jajaran pengurus dan kader PMII di Pulau Jawa. Sedangkan yang dari luar Pulau Jawa hanya akan dihadiri oleh perwakilan pengurus.

"Jadi ini akan menjadi perhelatan harlah paling besar dalam sejarah PMII. Kami mengucapkan permohonan maaf apabila nanti selama acara di puncak hari Jumat akan terjadi kepadatan lalu lintas, karena jika 20 ribu itu hadir maka akan ada kurang lebih 40 bus yang parkir di Benteng Vasternburg sebagai venue kita," kata dia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya