RSCM Turunkan 18 Orang untuk Pemulasaraan Jenazah Fajri Pria Obesitas 300 Kg

Pria obesitas di Tangerang, Muhammad Fajri
Sumber :
  • Instagram @lambe_turah

Jakarta – Pihak Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) mengkonfirmasi terkait kabar meninggalnya Muhammad Fajri (26), pria dengan berat badan 300 kg asal Tangerang, Kamis 22 Juni 2023.

Pemain Saksofon Legendaris David Sanborn Meninggal Dunia di Usia 78 Tahun

Perwakilan RSCM, dr. Sidharta Kusuma Manggala, SpAn.KIC, mengatakan sebelumnya Fajri sempat dilakukan perawatan selama 14 Hari oleh dokter dari multidisiplin, namun hanya takdir berkata lain, dan Fajri pun menghembuskan nafas terakhirnya karena infeksi multiple.

"Makin ke sini makin sesak napas hingga harus dibantu dengan alat pernapasan ventilator. Selain itu dia mendapatkan obat sedasi," ujar dr. Sidharta salam keterangannya kepada awak media, Kamis 22 Juni 2023.

Senjata Ampuh Lawan Penuaan Dini Hingga Diabetes Ditemukan, Ternyata Ada di 5 Makanan Ini

dr. Sidharta Kusuma Manggala juga menjelaskan sejak beberapa hari terakhir kondisi infeksi Fajri juga semakin memburuk akibat banyaknya lemak di dalam tubuhnya.

Muhammad Fajri, pria berbobot 300 Kg.

Photo :
  • VIVA/Sherly
Bea Cukai Pastikan Pengiriman Jenazah dari Luar Negeri Tidak Dipungut Bea Masuk

"Dalam perjalanan kondisinya Fajri mengalami perburukan. Infeksi pada kaki dan infeksi paru-paru makin berat, hingga kemudian menimbulkan syok sepsis," ujarnya.

dr. Sidharta Kusuma Manggala juga menjelaskan kondisi Syok Sepsis yang dialami Fajri berdampak juga dalam performa jantung hingga pembuluh darah pasien.

"Syok Sepsis ini keadaan respons tubuh terhadap infeksi berat sehingga harus kami berikan antibiotik. Ciri-cirinya antara lain gagal organ jantungnya, kemudian pembuluh darahnya, tekanan darah mulai turun dan ginjalnya bermasalah juga,”ujarnya.

dr. Sidharta Kusuma Manggala mengatakan infeksi parah dalam tubuh yang dialami oleh Fajri menyebabkan banyak kegagalan organ tubuh.

"Akibat dari infeksi tadi itu menyebabkan kegagalan organ tubuh namanya MODS atau multi organ dysfunction syndrome. Inilah yang membuat kondisinya semakin turun, Sampai akhirnya tadi malam kami sudah tidak bisa mempertahan kondisi beliau lagi," ujarnya.

Pria obesitas di Tangerang, Muhammad Fajri (27)

Photo :
  • Instagram @lambe_turah

Pihak RSCM melaporkan, Fajri sempat menjalani perawatan selama 14 hari sebelum  akhirnya meninggal dunia karena infeksi multiple.

Sementara setelah meninggal, RSCM melakukan pemulasaraan jenazah dilakukan mulai pukul 03.45 hingga 05.00 WIB oleh tim pemulasaraan jenazah instalasi forensik dan pemulasaraan jenazah RSCM yang terdiri dari 18 orang.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya