Politisi Senior PDIP Kritik Kemenhan Beli Jet Tempur Bekas Qatar: Biaya Perawatan Pesawat Tua Mahal

Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin
Sumber :
  • Edwin Firdaus

Jakarta – Anggota Komisi I DPR RI, TB Hasanuddin mengkritisi pembelian 1 skuadron atau 12 unit jet tempur Mirage 2000-5 bekas dari Qatar, yang menghabiskan biaya sebesar USD 792 juta atau setara hampir Rp 12 triliun (asumsi kurs Rp 14.800 per USD). 

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade

Rencananya, pesawat akan dikirim paling lambat dalam jangka waktu 24 bulan (2 tahun) kontrak berlaku efektif di bulan Mei 2023. Termasuk di dalam klausul kontrak adalah jaminan dukungan servis selama 3 tahun. 

"Masalahnya, pesawat Mirage 2000-5 tersebut dibeli oleh AU Qatar dari Perancis pada akhir tahun 1980-an. Artinya, usianya sudah menginjak tiga dekade dan tersisa hanya 10 tahun untuk penggunaan," kata Hasanuddin kepada awak media, Kamis, 22 Juni 2023.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Politikus senior PDIP itu lanjut membuka fakta, bahwa nantinya pesawat bekas tersebut hanya mendapat dukungan servis selama 3 tahun awal. Setelahnya sisa 7 tahun, kita harus membayar mahal.

"Biaya perawatan pesawat tempur tidak murah, apalagi pesawat usia tua, apakah anggaran kita sudah siap?” ujarnya.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Hasanuddin menilai, daripada membeli pesawat bekas lebih baik yang baru. Menurutnya jika dikalkulasikan, harga per unit untuk mirage 2000-5 bekas Qatar yang dibeli melalui Kementerian Pertahanan adalah sekitar USD 66 juta/unit. 

"Kalau kita lihat rentang harga jet tempur baru di pasar global saat ini berkisar mulai dari USD 67 juta hingga USD 135 juta," kata Hasanuddin.

Ia mengatakan, untuk pilihan jet tempur baru yang mendekati angka USD 66 juta ada Super Hornet (USD 67 jutaan/unit), F35A (USD 77 juta/unit), Gripen (USD 85 juta/unit), atau F-15 EX (USD 87 juta/unit). 

Dengan anggaran USD 792 juta atau hampir setara Rp 12 triliun yang dialokasikan Kemhan untuk membeli Mirage 2000-5, imbuh Hasanuddin, sebenarnya Indonesia bisa mendapatkan hampir 1 skuadron jet tempur F-35A, SAAB Gripen, atau F-15 EX baru yang pastinya memiliki usia pakai lebih lama hingga 40 tahun dan jaminan servis suku cadang yang lebih meyakinkan. 

"Atau jika memungkinkan ditambah USD 150 juta, kita bisa dapat 1 skuadron  full  F-35A, SAAB Gripen, atau F-15 EX baru. Dan kita pasti punya efek gentar yang lebih dahsyat di ruang udara nasional dalam jangka panjang. Lalu kenapa harus memaksakan diri beli pesawat tua ?” imbuhnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya