Prabowo Akui Dapat Banyak Petunjuk Usai Bertemu Jokowi di Istana

Presiden Jokowi dan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

JakartaMenteri Pertahanan, Prabowo Subianto dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin, 26 Juni 2023. Agendanya, Prabowo melaporkan hasil kunjungan kerjanya ke luar negeri termasuk perubahan peta perang Ukraina dengan Rusia.

Presiden Iran Korban Tewas Kecelakaan Helikopter, Ada Benturan Keras di Jenazah Awak Pesawat Jatuh

“Saya melaporkan hasil kunjungan saya ke luar negeri, ke Eropa,” kata Prabowo di Kompleks Istana Kepresidenan pada Senin, 26 Juni 2023.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjawab pertanyaan pers di Sekolah Staf dan Pimpinan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri, Bandung, Jawa Barat, Jumat, 16 Juni 2023.

Photo :
  • ANTARA/Fath Putra Mulya
Ramalan Hard Gumay 2024: Pemerintah Prabowo - Gibran Hati-Hati, Kenapa?

Menurut dia, ada banyak yang dilaporkan kepada Presiden Jokowi usai kunjungan luar negeri seperti masalah geopolitik, perkembangan terakhir isu nasional.

“Ada beberapa hal dapat petunjuk dari Pak Presiden. Saya kira akan kita laksanakan petunjuk beliau,” ujarnya.

Presiden Jokowi Tekankan Tiga Hal Ini pada Pertemuan Bilateral dengan Presiden Fiji

Ia mengaku mendapat arahan dan petunjuk dari Presiden Jokowi, yakni membuat laporan secara rinci mengenai situasi terkini perang Ukraina dengan Rusia. Sebab, kata dia, pertemuan dengan Presiden Jokowi tadi tidak berlangsung lama.

“Saya kasih penjelasan berkali-kali dan sudah kita cermati perkembangan di Ukraina secara rinci, keadaan cepat berubah dan juga saya harus membuat laporan lebih rinci. Tadi tidak sempat karena hanya sebentar [bertemu Jokowi],” jelas dia.

Prabowo dan Jokowi

Photo :
  • Instagram

Selain itu, Prabowo juga melaporkan soal permintaan kerja sama militer dari sejumlah Negara Afrika. Tentu, ia akan menindaklanjuti permohonan permohonan kerja sama itu setelah bertemu Presiden Jokowi.

“Karena begitu banyak negara, negara di Afrika yang minta Indonesia untuk membantu melatih negaranya. Saya kira ini akan kita tindaklanjuti. Perkembangan yang kita cermati agar tak mendadak dan rencana-rencana ke depan,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya