Menpora Dito Pertimbangkan Usul Gibran Gunakan Stadion Manahan Solo untuk Piala Dunia U-17

Menpora Dito
Sumber :
  • Kemenpora

Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo terbuka akan semua usulan tentang stadion untuk digunakan pada penyelenggaraan Piala Dunia U-17. Termasuk usulan dari Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka yang mengusulkan Stadion Manahan menjadi tuan rumah pembukaan Piala Dunia U-17.

Respons Gibran soal Prabowo Mau Libatkan Megawati saat Menyusun Kabinet

Dito menyebutkan, selain Stadion Manahan ada beberapa stadion lainnya yang juga diusulkan agar dapat digunakan sebagai tempat penyelenggaraan Piala Dunia U-17.

"Intinya, kita ada Stadion Manahan Solo, ada Bung Tomo Surabaya, ada stadium di Sumatera Selatan dan ada GBK (Gelora Bung Karno) di Jakarta, juga ada JIS (Jakarta International Stadium), dan banyak lainnya. Ini kita masuk, kita tambahkan menjadi opsi penyelenggaraan Piala Dunia U-17," ucap Dito kepada wartawan, Rabu, 28 Juni 2023.

Banyak Tumpukan Sampah Usai Nobar Timnas, Gibran Minta Pecinta Bola Tertib

FIFA cek Stadion Manahan Solo

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Meski demikian, Dito mengatakan, usulan-usulan tersebut, termasuk dari Gibran Rakabuming akan dibahas lebih lanjut. Pun, pembahasan soal venue atau stadion yang akan digunakan itu tidak hanya melibatkan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), tapi juga PSSI dan FIFA.

Hakim PN Solo Tolak Semua Gugatan Almas kepada Gibran

"Itu nanti pasti yang harus membahas (stadion untuk Piala Dunia U-17) adalah Kemenpora, PSSI, dan FIFA," kata Dito. 

Sebelumnya diberitakan, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengajukan Stadion Manahan Solo sebagai tuan rumah pembukaan Piala Dunia U 17 2023. Putra sulung Presiden Jokowi itu mengajukan tawaran tersebut lantaran Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) digunakan untuk konser Coldplay.

"Ditunggu wae yo. Aku kan hobine (hobinya) mengajukan yo seperti tuan rumah Piala Dunia U-17," kata Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Solo, Selasa, 27 Juni 2023.

Menurut dia, sebenarnya Stadion Manahan Solo telah siap untuk menjadi venue Piala Dunia U-17. Bahkan sebelum adanya pembatalan Piala Dunia U-20, Stadion Manahan sebenarnya telah ditunjuk untuk menggelar final Piala Dunia U-20.

"Ya kalau kemarin kan kita disiapkan untuk final U-20. Ya kalau bisa final di Stadion Manahan," ujar dia.

Hanya saja, Gibran lebih mengharapkan agar upacara pembukaan Piala Dunia U-17 bisa digelar di Stadion Manahan, Solo. Hal ini sangat beralasan karena Stadion Gelora Utama Bung Karno telah dikontrak untuk menjadi venue konser grup band papan atas dunia Coldplay.

"Syukur-syukur pembukaan soalnya GBK dipakai Coldplay. Syukur-syukur pembukaan ya tapi final boleh, pembukaan juga boleh," harapnya.

Gibran memastikan bahwa Stadion Manahan, Solo telah siap digunakan untuk venue Piala Dunia U-17. Meski demikian, ia masih menunggu keputusan Ketua Umum PSSI Erick Thohir terkait penunjukan stadion yang bakal menjadi venue Piala Dunia U-17.

"Siap, siap aja ya. Pokoknya saya menunggu instruksi Ketum PSSI dan Pak Menpora," kata dia.

Diketahui, FIFA telah menetapkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 yang akan digelar pada 10 November hingga 2 Desember 2023. Indonesia menggantikan Peru yang tidak mampu menggelar FIFA World Cup U-17 pada April lalu akibat ketidaksiapan infrastruktur.

Sementara konser Coldplay sudah dijadwalkan digelar di Stadion Utama GBK Jakarta pada 15 November 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya