Cegah Kepadatan di Mina, Jemaah Haji Diminta Mematuhi Jadwal Lempar Jumrah

Jemaah Haji Indonesia Menuju Jamarat Mina
Sumber :
  • MCH 2022

Mekkah – Jemaah haji Indonesia diminta agar mematuhi jadwal atau waktu dan jalur melempar jumrah yang telah ditetapkan dan yang telah diberikan sesuai kloternya masing-masing. Imbauan tersebut disampaikan demi keselamatan dan kenyamanan jemaah selama prosesi jamarat. 

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

"Jemaah diminta tidak melempar jumrah setelah matahari tergelincir (ba’da zawal) karena alasan keselamatan dan menghindari risiko cuaca panas dan bahaya kepadatan jamaah. Pilih waktu sore atau malam hari, agar terhindar dari sengatan cuaca panas," kata Juru Bicara PPIH Pusat Akhmad Fauzin dalam keterangan persnya di Jakarta, Kamis, 29 Juni 2023. 

Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Pusat Akhmad Fauzin

Photo :
  • Kemenag
Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Untuk jemaah lanjut usia dan kategori risiko kesehatan tinggi, kata Fauzin, agar mewakilkan lempar jumrahnya kepada keluarga, sesama peserta haji atau petugas yang telah melaksanakan lempar jumrah.

"Orang yang mewakili lempar jumrah boleh yang sudah berhaji atau pun yang belum berhaji. Jemaah atau petugas boleh melaksanakan badal lempar jumrah untuk satu orang atau lebih hingga tak terbatas," kata Fauzin.

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Menurut dia, hukum mewakilkan lempar jumrah adalah boleh dan status hukumnya sah serta tidak dikenakan dam. "Boleh mengakhirkan lempar jumrah hari tasyrik pada hari terakhir tanggal 12 Zulhijah (bagi jamaah nafar awal) atau tanggal 13 Dzulhijah (bagi jamaah nafar tsani)," ujar Fauzin

"Pemerintah berharap agar jamaah lebih bijak dan mengutamakan keselamatan serta kesehatan masing-masing, sehingga pelaksanaan lempar jumrah sebagai bagian wajib haji dapat terlaksana dengan aman dan tertib," imbuhnya.

Pemerintah juga mengingatkan jamaah pada saat menuju dan di tempat melempar jumrah agar tetap berkelompok dan jangan memisahkan diri.

"Jangan sungkan untuk meminta bantuan petugas yang berada di setiap titik di jalur menuju jamarat bila menemui hambatan dan kesulitan. Membekali diri dengan air putih untuk menjaga kebugaran tubuh dan mencegah dehidrasi," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya