Patung Bung Karno Setinggi 22 Meter Dibangun di Bandung, Telah Biaya Rp14,5 Miliar

Patung Bung Karno di Polder Stasiun Semarang Tawang (Ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA/ Eduward Ambarita

Bandung – Patung Presiden Pertama Republik Indonesia Ir. Sukarno bakal dibangun di GOR Taman Saparua, Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar) mulai awal Juli 2023.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Ketua Yayasan Putra Nasional Indonesia, Pamriadi mengatakan patung yang akan menjadi ikon baru Jabar ini digadang-gadang menjadi monumen tertinggi di Indonesia bahkan dunia.

“Insyaallah tahun ini Monumen Plaza Bung Karno di Bandung ini akan menjadi monumen tertinggi di Indonesia, mungkin tertinggi di dunia,” ujar Pamriadi seperti dikutip dari Antara, Jumat 30 Juni 2023.

Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

Patung Bung Karno di Lemhanas. Foto ilustrasi.

Photo :

Pamriadi mengatakan, ide pembangunan patung ini datang dari akademisi Institut Teknologi Bandung (ITB). Perihal anggaran, dia mengungkap pembuatan patung setinggi 22,3 meter ini memakan biaya sebesar Rp 14,5 miliar.

Golkar Tepis Isu Istri Ridwan Kamil Mundur dari Bursa Pilkada Kota Bandung

Soal dananya dapat dari mana, Pamriadi menjelaskan bahwa dana sebesar hampir 15 miliar itu didapat dari para donatur yang sangat cinta Bung Karno dan mengagumi perjuangan sang proklamator.

Patung Bung Karno setinggi 22,3 meter ini, insyaallah tidak dibiayai APBN dan APBD,” kata dia

“Monumen Plaza ini akan dilakukan pembangunan pada awal Juli dengan membangun pertama adalah menata taman Plaza Bung Karno,” kata dia.

Pamriadi menerangkan patung akan dibuat oleh pematung yang memang kerap membuat Patung Bung Karno, yaitu Dunadi, asal Yogyakarta.

Megawati resmikan patung Bung Karno naik kuda di kantor Kementerian Pertahanan

Photo :
  • Youtube PDIP

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan groundbreaking Monumen Plaza Dr. (H.C.) Ir. H. Soekarno di GOR Taman Saparua, Bandung, Rabu pagi.

Hasto selaku penasihat pembangunan Monumen Bung Karno ini menilai Kota Bandung memiliki sejarah khusus tentang Sang Proklamator RI.

Sejumlah tokoh lain yang hadir di acara tersebut yakni Ketua DPD PDIP Jabar Ono Surono dan Sekretarisnya Ketut Sustiawan, Wakil Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari hingga Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan Chova.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya