Jokowi Sebut Kewenangan Polri Besar, Jangan Disalahgunakan

HUT Bhayangkara ke-77
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa semua program pemerintah tentunya membutuhkan dukungan Polri. Karenanya, Presiden menekan bahwa kewenangan dan kekuatan Polri itu sangat besar, sehingga harus digunakan secara benar dan tidak disalahgunakan.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

"Ini harus digunakan secara benar, jangan ada yang disalahgunakan. Jangan ada lagi persepsi hanya tajam ke bawah tapi tumpul ke atas," kata Jokowi dalam acara peringatan Hari Bhayangkara ke-77 di GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu, 1 Juli 2023.

Presiden menambahkan, dengan besarnya kewenangan dan kekuatan Polri itu, maka kebutuhan masyarakat akan rasa aman, rasa keadilan, dan rasa untuk diayomi, jangan pernah diabaikan oleh Polri.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

“Polri harus mampu memberikan kepastian kepastian hukum, kepastian hukum, dan Polri harus mampu memberikan kepastian usaha bagi masyarakat dan para pengusaha,” ujar Jokowi.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari
Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

Presiden pun membeberkan apa saja tantangan Polri ke depannya, yang dipastikan memang bakal semakin berat. Antara lain yakni masalah Kamtibmas yang harus dikawal ketat, penanganan isu-isu yang harus dikawal dengan cepat, dan program prioritas nasional serta pembangunan IKN yang juga harus dikawal secara serius.

“Kualitas layanan harus ditingkatkan, dan kejahatan dengan teknologi yang makin canggih harus mampu diantisipasi. Semua ini butuh kesigapan dan kecepatan, butuh penguasaan teknologi dan inovasi, butuh komunikasi publik yang baik,” ujarnya.

Diketahui, HUT Bhayangkara selalu diperingati setiap tanggal 1 Juli. Pada peringatan HUT ke-77 Bhayangkara tahun ini, diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat.

Dalam peringatan HUT Bhayangkara ke-77 ini, akan ada beberapa pameran yang dihadirkan seperti pameran alat material khusus (almatsus) Polri, kemudian festival pasar rakyat hingga terdapat stand perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan SKCK keliling. 

Sebanyak 1.777 personel gabungan dikerahkan untuk melakukan pengamanan khusus pada puncak peringatan HUT Bhayangkara ke-77, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat. Mereka akan bersiaga di sekitar kawasan GBK agar perayaan HUT Bhayangkara ke-77 berjalan dengan lancar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya