Ratusan Rumah di Jawa Timur Rusak Akibat Gempa Yogyakarta

Petugas membersihkan reruntuhan rumah terdampak Gempa Yogyakarta di Pacitan.
Sumber :
  • BPBD Jatim.

Bantul – Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,4 yang melanda Bantul, Yogyakarta, Jumat, 30 Juni 2023, juga berdampak di beberapa daerah di Jawa Timur. Dampak paling besar terjadi di kampung halaman Presiden RI Keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), di Kabupaten Pacitan.

Badan Geologi Catat Masih Ada Erupsi Kecil dan Potensi Bahaya Gunung Ruang

Ratusan rumah di Jawa Timur rusak akibat guncangan gempa Yogyakarta. Di Kabupaten Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, dan Blitar, total sebanyak 216 unit rumah rusak ringan, 20 unit rumah rusak sedang, dan empat unit rumah rusak berat, akibat gempa Yogyakarta. Beberapa fasilitas umum di empat kabupaten itu juga terdampak.

“Sembilan unit fasilitas umum rusak ringan, tiga unit tempah usaha rusak ringan, satu unit tempat usaha rusak berat dan satu unit gudang. Serta tidak ada korban jiwa pada bencana alam ini,” ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim, Gatot Soebroto, Sabtu, 1 Juli 2023.

Aktivitas Vulkanik Meningkat, Gunung Ibu di Halmahera Barat Naik Status Jadi Siaga

Petugas mendata dan membersihkan reruntuhan rumah terdampak Gempa Yogyakarta di Pacitan.

Photo :
  • BPBD Jatim

Sedangkan di Pacitan sebanyak 23 unit rumah mengalami kerusakan ringan, 18 unit rumah rusak sedang, dan satu unit rumah mengalami rusak parah.

Membanggakan! Siswa MAN 2 Bantul Sabet 2 Medali Emas di Indonesia International Invention Expo 2024

Ada juga, lanjut Gatot, fasilitas umum di Pacitan yang mengalami kerusakan. Data sementara, sebanyak enam unit kantor pertanahan mengalami kerusakan, kantor Kecamatan Pacitan, SDN 2 Punjung, dan RSUD. “Ada juga tempat usaha rusak ringan di Sidoharjo,” katanya.

Dia mengatakan, BPBD Jatim telah memberikan bantuan kepada warga terdampak di Pacitan, yakni berupa 150 sembako dan 100 terpal. “Kami juga memberikan bantuan sembako kepada warga terdampak gempa bumi di wilayah lainnya di Jawa Timur,” papar Gatot.

Gatot menerangkan, gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,4 pada Jumat kemarin berpusat di 86 kilometer Barat Daya Bantul, Yogyakarta, sekitar pukul 19:57:43 WIB. Titik gempa di Lintang 8.63 LS, Bujur 110.08 BT, dengan kedalaman 25 kilometer dan tidak berpotensi tsunami.

“Gempa susulan terjadi sebanyak enam kali. Yang pertama di 80 Km Barat Daya Batul DIY, dengan kekuatan 3,2 SR pukul 20:18:02 WIB. Kedua, di 92 Km Barat Daya Bantul-DIY, kekuatan 3,9 SR, pukul 20:19:55 WIB. Ketiga,75 Km Barat Daya Bantul-DIY, kekuatan 3,4 SR, pukul 20:25:59 WIB,” tandasnya.

“Selanjutnya, 84 Km Barat Daya Bantul-DIY, kekuatan 3,2 SR, pukul 20:29:06 WIB. Kelima 74  Km Barat Daya Bantul-DIY, kekuatan 4.5 SR, pukul 20:31:48 WIB. Keenam, 84 Barat Daya Bantul-DIY, kekuatan 3,6 SR, pukul 20:58:22 WIB. Semuanya tidak berpotensi tsunami,” tambah Gatot.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya