Jokowi soal KKB Ancam Bunuh Pilot Susi Air: Kita Akan Terus Negosiasi

Presiden Jokowi di Halim Perdana Kusuma jelang keberangkatan ke Australia
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara mengenai nasib Pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens yang sampai saat ini masih disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB di Papua. Menurut Jokowi, Pemerintah terus berjuang untuk membebaskan pilot susi air yang disandera KKB.

Tidak Ada Foto Jokowi di Ruang Rapat, PDIP: Jatuh Lupa Dipasang Lagi

"Kita akan terus berusaha bernegosiasi," kata Presiden Jokowi lepada awak media di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada hari Senin 3 Juli 2023.

Pilot Susi Air Philip di tengah anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang menyanderanya sejak 7 Februari di Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Photo :
  • ANTARA
Prabowo Mau Buat Presidential Club, Ganjar: Bagus-bagus Aja

Jokowi enggan berbicara banyak mengenai langkah yang ditempuh Pemerintah Indonesia untuk membebaskan pilot Susi Air. Menurut Jokowi banyak hal yang telah dilakukan untuk membebaskan Pilot Susi Air namun tak dapat diungkapkan ke publik.

“sebetulnya banyak hal yang kita lakukan di sana tetapi tidak bisa saya buka di sini,” ujar Jokowi.

Jet Tempur F-16 Singapura Jatuh

Sebelumnya diberitakan, kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) mengancam akan melakukan pembunuhan terhadap Pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens yang disandera sejak 7 Februari 2023.  Di tengah ancaman selama 4 bulan tersebut, kondisi pilot dipastikan aman dan sehat.

Kepala Operasi Damai Cartenz-2023, Kombespol. Dr. Faizal Ramadhani menegaskan, ancaman pembunuhan pada Pilot itu datang dari dari kelompok KKB lain yang bukan bagian dari kelompok KKB Egianus Kogoya.

“Saya menyampaikan bahwa, kelompok KKB yang ada di Papua ini, terdiri dari berbagai macam kelompok dan bukan satu kelompok saja. yang menyampaikan ultimatum terhadap ancaman pembunuhan Pilot Susi Air bukan dari kelompok Egianus Kogoya melainkan dari kelompok Jefry Pagawak. Mereka yang mengapload ultimatum ancaman pembunuhan Pilot Susi Air tersebut itu. Justru  dari kelompok yang lain lagi dengan menggunakan Akun atas nama NT dan NT merupakan Kelompok dari Intan Jaya.” ungkapnya, Senin, 3 Juli 2023.

Pilot Susi Air, Kapten Philips Max Mehrtens disandera KKB Papua.

Photo :
  • Dok. Istimewa

Lebih lanjut Faizal menuturkan, ada beberapa kelompok KKB yang dimungkinkan mencari momentum dari kasus penyanderaan Pilot Susi Air ini sehingga menyampaikan berita-berita yang sesungguhnya secara kelompok sudah tidak dapat di percaya.

“Kelompok KKB Jefry Pagawak yang memberikan ultimatum ancaman pembunuhan Pilot Susi Air tersebut bertempat tinggal di Negara Papua New Guinea (PNG) dan telah menjadi DPO Polri dalam hal ini Satgas Ops Damai Cartez. Apabila yang bersangkutan ada dalam pantauan Polri, akan dilakukan Tindakan Penegakan Hukum sementara akun yang mengapload ultimatum tersebut adalah Citivis karena setahun yang lalu pernah ditangkap dan baru bebas beberapa bulan yang lalu,” kata Faizal

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya