2 Jam Diperiksa Kejagung, Menpora Dito Klarifikasi Soal Isu Dugaan Aliran Dana Rp 27 Miliar

Menpora Dito Ariotedjo Penuhi Panggilan Kejagung
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Ario Bimo Nandito Ariotedjo sudah rampung menjalani pemeriksaan sebagai saksi di Kejaksaan Agung (Kejagung) RI, terkait adanya dugaan keterlibatan dalam kasus pengadaan tower Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kominfo Tahun 2020-2022. Dito pun menjalani pemeriksaan kurang lebih selama dua jam lamanya.

Sidang Korupsi Proyek Tol MBZ, Saksi Sebut Mutu Beton di Bawah SNI

Dalam hal itu, Dito pun menjelaskan bahwa terkait dengan namanya yang disebut dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) terdakwa Irwan Hermawan. Diketahui, pria yang kerap disapa Dito Ariotedjo diduga menerima aliran dana sebanyak Rp 27 Miliar.

"Jadi sebenarnya saya dari awal ingin sekali secepatnya mengklarifikasi agar isu ini tidak berlarut-larut," ujar Dito Ariotedjo di Kompleks Kejagung RI pada Senin 3 Juli 2023.

KPK Beberkan Hasil Pemeriksaan Sekjen DPR, Bikin Panik Vendor 'Nakal'

Menpora Dito Ariotedjo Penuhi Panggilan Kejagung

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Dan alhamdulillah hari ini telah dilaksanakan tadi hampir 2 jam kita banyak memberikan keterangan, diskusi," lanjutnya.

JK Sebut Kasus Korupsi LNG Eks Dirut Pertamina Karen Murni Bisnis, Ada Untung-Rugi

Politikus partai Golkar itu menyebutkan bahwa dirinya diperiksa oleh Kejagung lantaran adanya dugaan kasus sebelum dirinya menjabat sebagai Menteri Pemuda dsn Olahraga (Menpora).

"Kehadiran saya hari ini sebagai individu bukan sebagai Menpora, karena tudingan dan tuduhannya juga itu Dito sebagai warga negara biasa dan itu periode waktunya sbeelum saya jadi menteri pemuda dan olahraga," kata Dito.

Dito juga menjelaskan bahwa kedatangannya sebagai saksi di kompleks Kejagung RI itu demi mengembalikan nama baiknya pada Menteri Kabinet Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

"Ini terkait tuduhan saya menerima 27 miliar dimana tadi saya sudah saya sampaikan apa yang saya ketahui dan apa yang saya alami," ucap dia.

"Tapi karena saya memiliki beban moral yaitu hari ini saya diberikan amanah oleh pak presiden Jokowi sebagai Menpora dan saya juga memiliki keluarga dimana saya harus meluruskan ini semua dan juga mempertanggungjawabkan kepercayaan publik selama ini," imbuhnya.

Berdasarkan pantauan VIVA di lokasi, pria yang akrab disapa Dito Ariotedjo pun sudah tiba di gedung bundar Kejaksaan Agung RI. Ia tiba sekira pukul 13.00 WIB.

Dito pun tampak mengumbar senyum ketika baru saja tiba di Kejagung RI. Ia terlihat mengenakan topi berkelir merah, kaos putih yang dibalut oleh jaket hitam. Dito pun tampak begitu santai dan kerap menyapa sejumlah awak media.

Politikus partai Golkar itu masih enggan berbicara banyak terkait dengan kehadirannya hari ini. "Nanti ya, saya masuk dulu," kata Dito di lokasi.

Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana

Sebelumnya diberitakan, Dito bakal dimintai keterangannya oleh Kejaksaan Agung RI terkait kasus dugaan korupsi proyek pengadaan tower Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kominfo Tahun 2020-2022.

Rencananya pemeriksaan dilakukan 3 Juli 2023. Dito diperiksa sebagai saksi. Hal tersebut diungkapkan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung RI, Febrie Ardiansyah. "Benar diperiksa Senin," ujar dia kepada wartawan, Minggu 2 Juli 2023.

Nama Dito disebut dalam berita acara pemeriksaan atau BAP salah satu tersangka dalam kasus ini, yaitu Komisaris PT Solitech Media Sinergy Irwan Hermawan. Dito dituding dapat dana proyek BTS BAKTI Kominfo senilai Rp 27 miliar dalam kurun waktu November sampai Desember 2022. Adapun Irwan bakal menjalani sidang perdana di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, pada Selasa 4 Juli 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya