Kapolri Ingatkan Wakapolri untuk Jaga Capaian Komjen Gatot Eddy Pramono

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

Jakarta – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengingatkan kepada Wakapolri baru, yaitu Komisaris Jenderan (Komjen) Agus Andrianto agar terus menjaga dan meneruskan capaian dari Komjen Gatot Eddy Pramono. Hal tersebut mengingat Komjen Gatot resmi memasuki masa pensiun dan digantikan oleh Komjen Agus Andrianto

Kapolri Sebut Kedewasaan Politik di 2024 Jauh Lebih Baik Dibanding 2019

"Pak Gatot, kakak asuh kita yang pernah jabat sebagai Wakapolri menyampaikan beberapa pesan dan juga kesan. Tentunya ini semua menjadi bagian yang memang kita jalani sebagai seorang anggota Polri, bahwa ada perjalanan dimana suatu saat estafet kepemimpinan pasti akan terjadi. Banyak sekali kenangan yang telah beliau ukir dan saya kira ini menjadi PR bagi pak Wakapolri yang baru untuk terus jaga apa yang sudah dicapai oleh beliau," ujar Sigit dalam pidatonya, Senin, 3 Juli 2023.

Pelantikan Komjen Agus jadi Wakapolri

Photo :
  • Dokumentasi Polri
Angka Kecelakaan Menurun Selama Mudik Lebaran, Kapolri dan Anak Buahnya Dapat Apresiasi

Sigit menegaskan, untuk menjaga dan mempertahankan capaian tersebut, seluruh jajaran Polri harus mempunyai sikap soliditas yang tinggi. Tak terkecuali, dari anak buah, hingga atasan.

"Bersama-sama kita terus berjuang dam tentunya untuk bisa mempertahankan dan melanjutkan capaian tentunya kita semua harus solid dari atas sampai dengan bawah," ucap Sigit.

6 Jenderal Polisi Bintang 4 yang Berasal dari Jawa Tengah, Siapa Saja?

Sikap soliditas, lanjut Sigit, merupakan kunci penting agar masyarakat dapat mempercayai institusi Polri. Mengingat, Polri mempunyai kewajiban untuk melayani masyarakat dengan baik.

"Karena itu kunci untuk kita bisa melakukan pencapaian-pencapaian terhadap apa yang menjadi harapan publik, apa yang menjadi harapan pak Presiden, dan ini kuncinya soliditas," ujarnya. 

Sigit juga sedikit bercerita soal Komjen Gatot yang betul-betul menjalankam tugasnya dengan baik sebagai polisi. Mulai dari masa sulit pada tahun 2019 hingga menjelang Pemilu 2024.

"Saya kira begitu banyak catatan tentang apa saja yang telah diperbuat beliau (Komjen Gatot). Hampir tiga setengah tahun beliau menjabat sebagai wakapolri, di mana dalam perjalanannya pun kita semua melihat mulai dari awal beliau dinas, kemudian masuk masa sulit di tahun 2019 pada saat sempat mengawaki satgas Nusantara dan kemudian menjadi pondasi untuk kegiatan cooling system," tegas Sigit.

"Tentunya sekarang ini kita aktifkan kembali untuk hadapi pemilu 2024 dan ini bagian dari apa yang pernah beliau torehkan dan kita akan lanjutkan itu," sambungnya.

Diketahui, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menunjuk Komjen Agus Andrianto sebagai Wakapolri. Komjen Agus menggantikan Komjen Gatot Eddy Pramono, yang akan memasuki masa pensiun. Sebelumnya, Agus menjabat Kabareskrim. Keputusan tersebut tertuang dalam surat telegram (TR) Nomor: ST/1393/VI/KEP./2023 tanggal 24 Juni 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya