Tim Sar Temukan Mahasiswa Spanyol yang Hilang Terseret Ombak Pantai Selatan Malang

Pantai Jembatan Panjang, Kabupaten Malang.
Sumber :
  • VIVA/Uki Rama.

Malang – Tim Sar gabungan melakukan pencarian terhadap 2 warga negara Indonesia (WNI) dan 2 warga negara asing (WNA) yang hilang di kawasan pantai selatan Jawa. Salah satu dari keempatnya berhasil ditemukan. Dia adalah, Ana Brieva Ramirez (23 tahun) mahasiswa asal Spanyol. 

Dana Otsus Papua Dioptimalkan untuk Pembangunan Fisik Pendidikan dan SDM

"Allhamdulilah ditemukan oleh tim Sar Gabungan di pantai Bantur 10.45 WIB dan dikonfirmasi atas nama Ana warga negara Spanyol," kata Pengendali Posko Basarnas Surabaya, Nur Hadi, Minggu, 9 Juli 2023.

Ilustrasi gelombang tinggi Pantai Selatan

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarok
UTBK 2024 Dimulai, 11.091 Peserta SNBT Ikuti Tes di UNNES Semarang

Nur Hadi memaparkan bahwa kondisi Ana saat ditemukan dia terdampar di Pantai Bantur. Dia ditemukan dalam kondisi selamat. Saat ini survival tersebut dalam pemeriksaan tim dokter tim Universitas Brawijaya (UB). 

"Dia terdampar di pantai Bantur, selamat. Kondisi kesehatan menunggu pemeriksaan tim dokter tim Universitas Brawijaya yang mendampingi survival ke Puskesmas. Kalau saya lihat tadi dia sadar sepenuhnya ditanya bisa menjawab. UB sudah menyediakan tim dokter dan kesehatan," ujar Nur Hadi. 

Prestasi Gemilang! Mahasiswa UI Juarai CIOB Global Student Challenge 2024

Dengan ditemukannya Ana, kini ada 3 orang yang sedang dalam pencarian. Mereka adalah Jana Olivia Soland (24 tahun) mahasiswa asal Swiss serta, Made dan Bayu yang merupakan pemandu wisata rombongan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. 

"Kita melibatkan 6 Sru atau tim. 1 tim sru laut dan 5 tim terdiri 1 tim standby dan 4 tim penyisiran di darat di titik yang kita curigai. Contohnya sebelah timur Pantai Krambilan. Sru berikutnya di pulau Hanoman, sebelah barat Pulau Hanoman dan Pantai Kondang Merak," tutur Nur Hadi. 

Nur Hadi menuturkan bahwa kendala utama dalam pencarian ini adalah cuaca buruk. Ombak di pantai Malang Selatan saat ini cukup tinggi. Rencana pencarian hari ini dilakukan dengan batas pukul 17.00 WIB.

Sebelumnya, 2 WNA yang sedang menjalani program pertukaran pelajar di Fakultas Kedokteran UB Jana Olivia Soland asal Swiss dan Ana Brieva Ramirez asal Spanyol dilaporkan hilang terseret ombak di Pantai Jembatan Panjang, Kabupaten Malang pada Sabtu, 8 Juli 2023. 

Mereka berangkat ke Pantai Jembatan Panjang bersama rombongan mahasiswa lainnya berjumlah 29 orang pada Jumat, 7 Juli 2023. Dari 29 orang ini 17 di antaranya mahasiswa asing termasuk Ana dan Jana. Sampai saat ini tim Sar Gabungan masih melakukan pencarian pada Survival yang belum diketemukan. 

Sebelumnya, salah satu pemandu wisata mahasiswa asing Universitas Brawijaya, Malang yang tergulung ombak Pantai Jembatan Panjang, ditemukan dalam kondisi selamat. Dia adalah M Ruspandi (24) alias Pendik pada Sabtu kemarin.

"Pendik ditemukan potensi SAR Pantai Selatan Rescue sekitar pukul 17.30 WIB. Artinya ia mengapung sekitar 9 jam lebih sejak kejadian," kata Kasatpolairud, AKP Totok Suprapto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya