Prabowo dan Ganjar Diundang Acara Malam 1 Sura di Pura Mangkunegaran

Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X
Sumber :
  • Fajar Sodik

Solo – Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X mengundang Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka hingga dua calon presiden (capres) Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto untuk mengikuti kirab pusaka malam 1 Sura di Pura Mangkunegaran, Solo pada Selasa malam, 18 Juli 2023.

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo

KGPAA Mangkunegara X mengatakan prosesi kirab pusaka malam 1 Sura akan digelar pada Selasa malam sekitar pukul 19.00 WIB. Kirab tersebut akan diikuti kerabat, abdi dalem dan masyarakat umum dengan berjalan kaki dan tapa bisu mengelilingi tembok kompleks Pura Mangkunegaran, Solo.

“Nanti hari Selasa malam, kami mengundang masyarakat untuk datang mengikuti prosesi kirab pusaka. Harapannya nanti menjadi upacara yang bermanfaat untuk banyak orang,” ujar Gusti Bhre yang kini telah naik tahta menjadi KGPAA Mangkunegara di Prangwedanan, Pura Mangkunegaran, Solo, Jumat, 14 Juli 2023.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Presiden Jokowi, Menhan Prabowo dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo

Photo :
  • Istimewa

Seperti pada kirab pusaka pada malam 1 Sura sebelumnya, ia mengatakan bahwa kirab kali ini juga mengundang sejumlah tokoh publik untuk ikut hadir dalam ritual tapa bisu keliling tembok Pura Mangkunegaran. Selain Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, penguasa Pura Mangkunegaran itu juga mengundang Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

“Pak Gubernur tahun lalu juga hadir ikut kirab malam 1 Sura. Tahun ini, kami senang sekali jika beliau kembali hadir lagi. Mas Wali juga kami harap bisa hadir karena semakin ramai semakin baik,” kata KGPAA Mangkunegara X.

Tak hanya dua kepala daerah, Gusti Bhre turut mengundang Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto untuk hadir mengikuti kirab tersebut. Ia mengundang tokoh-tokoh tersebut lantaran sering berkunjung ke Pura Mangkunegaran dan tidak menutup kemungkinan bahwa tokoh-tokoh lainnya yang pernah berkunjung ke istana kadipaten itu ikut diundang untuk ikut kirab pusaka.

“Kalau Menhan, kita lihat ya karena undangan sudah kita kirimkan. Selain itu undangan juga dikirimkan kepada terutama (tokoh) yang pernah berkunjung ke Mangkunegaran. Siapa saja? Ada Pak Menhan dan jajaran yang lain,” sebutnya.

Tak ketinggalan Presiden Jokowi pun ikut diundang untuk mengikuti ritual kirab pusaka yang rutin digelar setiap malam pergantian Tahun Baru Jawa. Hanya saja kepastian untuk kehadiran orang nomor satu di republik ini belum tahu karena kesibukannya menghadiri berbagai agenda kunjungan kerja yang cukup padat.

“Tentu ya (melampirkan undangan kepada Presiden Jokowi). Tapi dengan jadwal beliau yang padat tentu (belum bisa dipastikan ikut hadir). Kami senang sekali jika semakin banyak yang bisa hadir bisa melihat indahnya kebudayaan Jawa di Mangkunegaran dan Keraton Kasunanan untuk tetap terjaga dan dilestarikan,” harapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya