2 Jemaah Haji Masih Ghaib, Tenda-tenda Arafah dan Mina Digeledah Lagi

Tim Linjam berdoa sebelum lakukan pencarian jemaah hilang di Arafah
Sumber :
  • MCH 2023

JEDDAH – Dua jemaah haji atas nama Idun Rohim Zen, usia 87 dari Embarkasi Palembang (PLM) kelompok terbang (kloter) 20 dan Suharja Wardi Ardi, 69 tahun, dari Embarkasi Kertajati (KJT) kloter 10 hingga kini masih ghaib alias hilang. Keduanya menghilang sejak 13 Zulhijah atau 1 Juli 2023, usai prosesi puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armina). Dalam proses pencarian Jumat 14 Juli 2023, para petugas perlindungan jemaah (linjam) kembali menggeledah tenda-tenda di Arafah hingga Mina.  

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

"Alahamdulillah di hari yang ke -17 kami kembali melaksanakan proses pencarian. Sejak tadi pagi kami kembali ke Arafah, bersama tim linjam dari sektor-sektor yang berada di Mekkah. Kami kembali sisir tenda-tenda Arafah, kemudian kami bergerak dengan pembagian tugas dari jalan 900 sampai jalan 912, setelah itu kami bergerak menuju Masjid Namiroh melaksanakan proses pencarian terkait jemaah haji yang masih saat ini belum ada tiik terang," kata Kasatops Armina, Kolonel Laut Harun Al Rasyid, Jumat, 14 Juli 2023.

Pemeriksaan Rutin, Raja Salman Sempat Dilarikan ke Rumah Sakit

Tak hanya menggeledah tenda-tenda di Arafah, pihaknya juga melakukan pencarian kembali ke Area Mina. Bahkan sebelumnya sejumlah rumah sakit juga didatangi untuk kembali melakukan cek kamar-kamar jenazah serta ruang ICU.

"Sebelumnya kami mampir ke RS Mina Alwadi berkoordinasi pada semua pengurus yang ada di rumah sakit itu kemudian kami kembali sisir tenda-tenda Mina, kemudian kami melaksanakan pencarian juga di RS King Abdul Aziz yang ada di Mekkah. Kami mengecek tempat-tempat dimana ada jenazah dirawat, termasuk ruang-ruang ICU, dan terakhir kami susuri kamar-kamar jenazah yang ada di RS King Abdul Aziz." 

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Pencarian jemaah hilang masih dilakukan

Photo :
  • MCH 2023

Harun memohon doa pada seluruh rakyat Indonesia agar proses pencarian ini bisa berjalan lancar dan dua jemaah ghoib bisa segera ditemukan. "Kami mohon doa, kepada seluruh rakyat Indonesia, semoga proses pencarian ini dalam waktu dekat membuahkan hasil dan menjadi titik terang dan dua orang jemaah yang tadi masih dinyatakan belum ditemukan semoga dapat kami temukan."

Tak hanya berhenti sampai di sini, proses pencarian masih terus akan berlangsung bahkan setelah para petugas berakhir masa tugas pencarian akan tetap dilakukan. "Pencarian akan terus dilakukan oleh perwakilan Indonesia yang berada di Jeddah, baik itu dari konsul haji maupun dari KJRI yang ada di Jeddah ini," ujar Harun lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya