Kecelakaan KA Brantas di Semarang, Masinis dan Sopir Truk Selamat

Kereta api Brantas tabrak truk di Semarang
Sumber :
  • Twitter @sahabat_kereta

Semarang – Kereta Api (KA) 112 Brantas rute Pasarsenen - Blitar mengalami kecelakaan di perlintasan Jalan Madukoro Raya, Semarang 18 Juli 2023 pukul 19.35 Wib. KA yang melaju dari arah barat menabrak truk yang sedang berhenti di tengah perlintasan kereta. 

Tabrakan Maut HRV Vs Truk di Tol Medan-Tebing Tinggi, Kevin Tewas

KA Brantas menabrak bagian kepala truk trailer yang melintas dari arah utara ke selatan hingga terseret gerbong kereta ke tengah jembatan banjir kanal Semarang Barat. 

Sempat terjadi ledakan hebat saat lokomotif kereta menabrak kepala truk. Api membumbung tinggi ke udara membuat kekalutan warga sekitar. Beberapa benda diduga bagian truk yang terbakar terhempas ke sungai. 

125 Ribu Orang Tinggalkan Jakarta pada Libur Long Weekend, KAI Tambah Armada Kereta Api

Dari lokasi kejadian, terlihat bagian lokomotif kereta penumpang tersebut terhenti di jembatan yang letaknya persis setelah perlintasan dari arah barat. Jembatan itu merupakan rel kereta yang menyeberangi banjir kanal barat di Kota Semarang.

Kereta api Brantas tabrak truk di Semarang

Photo :
  • Antara
KAI Tambah 7 Kereta Api di Libur Long Weekend, Simak Rute-rutenya

Menurut informasi yang diunggah akun Twitter @sahabat_kereta, masinis dan asisten masinis KA Brantas dikabarkan selamat.

"Informasi yang kami dapatkan, Kondisi Masinis dan Asisten Masinis selamat. Saat ini sedang dibawa fasilitas kesehatan setempat didampingi unit Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska)," tulis akun @sahabat_kereta dikutip VIVA, Selasa, 18 Juli 2023.

Sedangkan untuk sopir truk dan kernet juga selamat, karena lebih dulu meninggalkan kendaraan mereka di perlintasan lantaran diduga mogok.

"Sopir dan kernet sempat melompat. Kan ini mobil mogok kemudian dia tinggal untuk minta bantuan ke petugas palang kereta api," kata Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan 

kobaran api di lokomotif sudah padam. Belum ada keterangan resmi dari kepolisian maupun PT KAI tentang kejadian tersebut.

Salah seorang penumpang bernama Dimas (25) mengaku tidak tahu kejadian pasti tabrakan."Hanya terdengar benturan kemudian kereta berhenti," kata penumpang tujuan Blitar itu.

Sementara itu, petugas gabungan kepolisian dan KAI masih berupaya mengevakuasi rangkaian gandengan truk yang terjebak di mulut jembatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya