Ribuan Peserta Ikut Kirab Pusaka Malam 1 Sura di Mangkunegaran Solo, Ada Ganjar dan Gibran

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.
Sumber :
  • Viva.co.id/ Fajar Sodiq (Solo)

Solo – Ribuan peserta mengikuti kirab malam 1 Sura yang digelar Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Selasa, 18 Juli 2023 malam. Kirab sakral itu juga diikuti Gubernur Ganjar Pranowo dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Sandiaga Uno Bakal Ikut Nobar Timnas Indonesia di Depan Balai Kota Solo

Kirab pusaka malam 1 Sura diawali dengan keluarnya pusaka Pura Mangkunegaran yang terdiri dari tiga tombak dan satu loji. Setelah itu disusul keluarnya penguasa Pura Mangkunegaran Gusti Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X menuju pendapa ageng untuk melepas prosesi kirab pusaka menyambut tahun baru Jawa.

Selanjutnya prosesi dilanjutkan dengan penyerahan pusaka yang akan dikirab kepada Gusti Pangeran Haryo (GPH) Paundrakarna Jiwa Suryanegara sebagai cucuk lampah atau pembuka jalan. Paundra merupakan putra dari hasil pernikahan KGPAA Mangkunegara IX dengan Sukmawari Soekarnoputri. Ia juga kakak dari KGPAA Mangkunegara X.

Pemkot Solo Siapkan Nobar Laga Timnas Indonesia di Depan Balai Kota

Kirab malam 1 Sura yang digelar Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah.

Photo :
  • Viva.co.id/ Fajar Sodiq (Solo)

Selain Paundra yang merupakan cucu Presiden Soekarno itu, barisan paling depan terdapat KRMH Roy Rahajasa Yamin yang merupakan sepupu penguasa Pura Mangkunegaran dan Paundra. 

Gerindra: PDIP di Luar atau Dalam Pemerintahan Sama-sama Baik

Setelah mendapatkan perintah dari KGPAA Mangkunegara X, kemudian Paundra pun memimpin kirab tersebut di barisan paling depan.

Iring-iringan kirab yang diikuti sekitar dua ribu peserta itu langsung berjalan keluar gerbang utama Pura Mangkunegaran. 

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berada di rombongan depan bersama dengan anggota DPR RI Aria  Bima serta putri Puan Maharani, Diah Hapsari Orrisa Hapsari.

Dalam iring-iringan kirab pusaka yang diperingati setiap malam 1 Sura itu juga terlihat mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo dan Dirjen Kebudayaan Hilman Farid.

Rute kirab malam 1 Sura mengelilingi tembok bangunan Pura Mangkunegaran sekitar 2 kilometer. Hanya saja Ganjar Pranowo yang merupakan capres PDIP itu tidak menyelesaikan ritual sakral kirab tersebut hingga akhir. 

Ia memutuskan untuk keluar dari barisan dan mengakhiri kirab pusaka dengan jalan kaki itu ketika sampai seperempat perjalanan. Ganjar langsung berjalan kaki kembali masuk ke Pura Mangkunegaran melalui pintu barat. 

Kemudian ia bergegas pamitan dan menuju mobilnya untuk melanjutkan kunjungan kerjanya ke lokasi lain. Sedangkan Gibran mengikuti kirab tapa bisu itu hingga selesai dan ikut menyebar udik-udik bersama KGPAA Mangkunegara X usai kirab pusaka rampung.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, kirab pusaka malam 1 Sura yang digelar Pura Mangkunegaran merupakan acara ritual tahunan yang sangat bagus. Antusiasme masyarakat untuk mengikuti kirab tersebut juga cukup tinggi.

“Jadi kebudayaannya masih berjalan dan tadi menarik yang mau ikut kirab jalan terus, yang tidak ikut kirab boleh berhenti di sini sambil berdoa dan ada pengajiannya,” kata dia.

“Jadi menurut saya perkawinan antara budaya dan dari sisi agama juga berjalan dan antusiasme masyarakat luar biasa,” tambahnya.

Memasuki Tahun Baru 1 Muharram ini, Ganjar pun berharap agar pada tahun baru ini lebih semangat dan lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. “Peringatan tahun baru ini bisa merefleksikan diri. Tahun-tahun sebelumnya yang kurang kita perbaiki dan yang sudah bagus, kita genjot,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya