Ipang Wahid Stratejik: UAS dan Gus Miftah Ulama Terfavorit, Paling Disukai Publik

Gus Miftah.
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

Jakarta - Temuan lain Ipang Wahid Stratejik (IPWS) dalam surveinya merilis terkait figur ulama yang disukai publik. Dua nama teratas versi survei IPWS yaitu Ustaz Abdul Somad (UAS) dan Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Miftah.

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

Peneliti IPWS, Arifki Chaniago menjelaskan, UAS dan Gus Miftah sebagai sosok ulama yang paling disukai publik dari 14 simulasi nama. Ia memaparkan dari temuan survei IPWS, UAS memperoleh respon positif 21 persen.

Di bawah UAS, ada Gus Miftah dengan dukungan 20,61 persen. Sementara, posisi ketiga, ditempati Ustaz Adi Hidayat atau UAH yang didukung publik dengan 14.48 persen.

Ratusan Polisi Kawal Tabligh Akbar Ustaz Abdul Somad di Lombok

IPWS menilai figur UAS dan Gus Miftah mendominasi sebagai ulama terfavorit karena kemampuannya beradaptasi di dunia digital. Konten dakwah UAS dan Gus Miftah yang tersebar di berbagai platform sosial media dengan mudah dinikmati masyarakat.

Ustaz Abdul Somad (UAS) Kunjungi MUI

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin
Pilgub Jateng 2024, Survei: Elektabilitas Sudaryono Moncer Dinggap Bisa Bawa Perubahan

Dengan demikian, UAS dan Gus Miftah tak menjadi ulama yang dakwahnya hanya didengarkan di masjid tapi juga melalui media digital.

“UAS dan Gus Miftah itu tidak hanya ulama yang berdakwah secara offline, tetapi juga secara offline (konten)," kata Arifki, dalam keterangannya, Rabu, 19 Juli 2023.

Menurut dia, kemudahan mendengarkan dakwah UAS dan Gus Miftah bisa didapatkan dari YouTube. "Video-video mereka dengan mudah ditemui di Youtube. sehingga dakwah-dakwahnya bisa ditonton di mana saja", tutur Arifki.

Survei IPWS ini melakukan wawancara online dengan kuesioner pada periode 26 Juni - 2 Juli 2023. Jumlah sampel yang dilibatkan sebanyak 1.429 responden yang tersebar di 30 Provinsi.

Metodologi survei yang digunakan non-probability sampling (incidental sampling) dengan margin of error ± 2,9 persen.

Survei Tiktoker

Dalam survei IPWS, dilaporkan tiktoker yang paling disukai publik adalah Ria Ricis dengan respon positif sebesar 11, 94 persen.

Lalu, diposisi kedua diikuti oleh Raffi Ahmad dan Nagita Slavina dengan dukungan sebesar 8.44 persen. Sedangkan, di posisi ketiga ditempati Baim Wong dengan 4.83 persen.

IPWS menyampai tiktoker tiga besar yang paling disukai publik tidak lepas dari kalangan artis. Alasannya para artis sudah memiliki value sendiri di dunia hiburan. Para seleb itu juga lebih cepat dalam memanfaatkan social media seperti Tiktok.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya