Jokowi Sebut Pemerintah Terus Tekan Angka Stunting, Bakal Dicek Setiap Bulan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana meninjau upaya penurunan stunting di Posyandu Sarimulyo, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, pada Jumat, 21 Juli 2023.

Istana Ungkap Alasan Jokowi Kunker ke NTB di Tengah Aksi Hari Buruh

Menurut Jokowi, pemerintah akan terus menekan angka stunting supaya menurun. “Saya datang ke Kabupaten Seluma, Bengkulu dalam rangka memastikan anak-anak kita, balita kita sehat semuanya. Kita ingin memastikan dalam rangka hari anak nasional, bahwa stunting itu selalu turun setiap tahunnya, tidak bisa langsung hilang, tetapi turun,” kata Jokowi.

Di posyandu tersebut, Jokowi meninjau rangkaian pemeriksaan fisik terhadap bayi dan balita. Menurut dia, pemeriksaan fisik di sini rutin dilakukan guna memastikan anak-anak tetap tumbuh dengan sehat. Makanya, Jokowi apresiasi upaya yang dilakukan Kabupaten Seluma yang berhasil menurunkan angka stunting senilai 4 persen dari sebelumnya. 

Ucapkan Selamat Hari Buruh, Jokowi: Setiap Pekerja Adalah Pahlawan

Presiden Jokowi resmikan Terminal Bandara Ewer

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

“Saya senang di Kabupaten Seluma turunnya 4 persen, bagus. Ini untuk memastikan anak-anak kita semuanya sehat dan memiliki masa depan yang baik sebagai sebuah SDM unggul nantinya,” ujarnya.

Momen Jokowi Gowes Sepeda Bambu di Mataram

Memang, kata Jokowi, pemerintah punya target tingkat stunting secara nasional tahun 2024 dapat berada di bawah 14 persen. Makanya, pemerintah akan mendukung melalui anggaran yang cukup dan mengecek penurunan stunting secara rutin guna mengendalikan tingkat stunting di setiap daerah.

“Dari pusat, setiap tahun karena kita punya target tahun depan 2024 harus di angka 14 persen, di bawah 14 persen. Jadi memang anggaran kita selalu naik, karena memang kita ingin itu. Kita cek setiap dua minggu, setiap bulan kita cek dan kelihatan siapa yang tinggi, siapa yang turun akan kelihatan, kita selalu kontrol dengan cara-cara yang seperti itu,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya