BMKG Sebut Gelombang Tinggi Berpotensi Terjadi di Kawasan Wisata Bali, Ini Lokasinya

Ilustrasi - Pemandangan laut di kawasan wisata pesisir di Nusa Dua, Bali.
Sumber :
  • ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna.

Bali – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat mewaspadai potensi gelombang laut tinggi mencapai hingga 3,5 meter, di sejumlah kawasan wisata di Bali pada 24-26 Juli 2023.

Dua Produser Film Pick Me Trips In Bali Asal Korea Selatan Dideportasi Imigrasi Ngurah Rai

"Peningkatan kecepatan angin mendorong tinggi gelombang di perairan utara dan selatan Bali," kata Kepala BMKG Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho di Denpasar, Senin, 24 Juli 2023.

Berdasarkan pengamatan BMKG, potensi gelombang laut tinggi di kawasan wisata Bali diperkirakan terjadi di perairan Nusa Dua, Kabupaten Badung, mencapai hingga 3,5 meter. Kemudian pada kawasan wisata Tanah Lot di Kabupaten Tabanan, gelombang laut diperkirakan hingga tiga meter.

Bocah di Buleleng Bali Diduga Dicabuli Ayah Kandungnya di Kos-kosan

Ilustrasi Gelombang Tinggi

Photo :
  • ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra

Sementara itu di kawasan wisata Kuta, Kabupaten Badung, gelombang diperkirakan hingga 2,5 meter dan di Sanur, Denpasar, diperkirakan ketinggian gelombang laut mencapai hingga dua meter.

Pemicu Guncangan Gempa Garut Terasa ke Wilayah Pesisir Jabar Termasuk Sukabumi

BMKG memperkirakan kecepatan angin mencapai hingga 40 kilometer per jam atau 21,5 knot yang bergerak dari arah timur-tenggara. Pergerakan arah angin itu berasal dari Benua Australia yang konstan menuju daratan Asia atau disebut angin timuran seiring perkiraan musim kemarau di Bali pada Juli-Agustus 2023.

BMKG juga memperkirakan ketinggian gelombang laut mencapai empat meter di Laut Bali, yang berbatasan dengan Kabupaten Buleleng di Bali Utara, dengan kecepatan angin hingga 25 knot atau 46 kilometer per jam.

Wilayah perairan itu selain menjadi jalur nelayan melaut, juga merupakan jalur pelayaran kapal dari Surabaya menuju Indonesia Timur. Sedangkan perairan lain juga diperkirakan memiliki gelombang tinggi hingga empat meter yakni di Selat Bali bagian selatan, Selat Badung, dan Selat Lombok bagian selatan.

Selat Bali adalah jalur penyeberangan Bali-Jawa dan Selat Lombok adalah jalur penyeberangan Bali-Lombok serta merupakan jalur pelayaran kapal dari Bali menuju sejumlah kota di Indonesia bagian timur melalui Pelabuhan Benoa Denpasar.

Sementara itu Selat Badung adalah jalur penyeberangan Sanur di Denpasar menuju kawasan wisata Pulau Nusa Penida di Kabupaten Klungkung serta merupakan kawasan wisata bahari. (Antara)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya