PAN Dukung Ulama NU KH Abdul Chalim Jadi Pahlawan Nasional

Wakil Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Moh. Nadlir

Jakarta – Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Yandri Susanto mengatakan, partainya sangat intensif memperjuangkan ulama Nahdlatul Ulama (NU) KH Abdul Chalim sebagai pahlawan nasional

Unik, Pendaftaran Bakal Calon Bupati di Manggarai Serahkan Ayam Jago dan Tuak ke Panitia

“Almarhum KH Abdul Chalim itu seorang ulama besar, salah satu pendiri Nahdlatul Ulama (NU), pejuang kemerdekaan dan politisi religius. Sehingga tidak ada alasan jika beliau tidak dinobatkan sebagai pahlawan,” kata Yandri dalam keterangannya, Senin, 24 Juli 2023.

Dia mengatakan, proses agar KH Abdul Chalim untuk menjadi pahlawan nasional sangat panjang. Lantaran itu, diperlukan kolaborasi antara PAN dan NU untuk mengawal keberhasilan dalam urusan administrasi tersebut.

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Ikut Lanjutkan? 

Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Syaefullah

"Insha Allah kita harus yakin. Usaha kita akan terus maksimalkan, agar KH Abdul Chalim menyandang gelar pahlawan nasional. Kita pun akan terus mengawal administrasi, dokumen dan persyaratannya lainnya agar ini bisa terwujud," ujar Yandri.

Geger Seorang Ulama Pesohor Kritik Nabi Muhammad

Lebih lanjut, menurut Yandri, perjuangan PAN ini mengisyaratkan partai besutan Zulkifli Hasan tersebut semakin erat dan hangat dengan NU. Terlebih beberapa waktu lalu, kata dia, Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf mempersilakan warga nahdliyin untuk memilih PAN.

Selain itu, tokoh-tokoh NU dari sejumlah wilayah juga banyak merupakan kader dari PAN, seperti Gus Syaiful Nuri (Mas Ipung) dari Pondok pesantren Sidogiri Pasuruan, Gus Ahmad Abdul Qodir dari pondok pesantren Syaikh Abdul Qodir Jailani. 

Hal tersebut juga turut menunjukkan bahwa kader PAN beragam, tidak hanya Muhammadiyah. “Ada anggota PAN dari NU, Muhammadiyah, dan MA juga ada,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya