Pemuda Muhammadiyah Mau Bentuk Satgas Awasi Pertambangan Tak Rusak Lingkungan

Ilustrasi lahan tambang.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Jakarta- Sekretaris PP Muhammadiyah, Izzul Muslimin mengatakan pada dasarnya Islam tidak melarang eksplorasi alam. Hanya saja, menurutnya harus bisa dipastikan lingkungan tetap bisa terjaga dan bermanfaat bagi masyarakat secara adil.

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Hal itu diungkap dalam acara 'Short Course Energi Sumber Daya Mineral dan Lingkungan Hidup' yang digelar Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah di Gedung Dakwah PP Muhammadiyah. Izzul Muslimin berharap Pemuda Muhammadiyah bisa membentuk Satuan Tugas untuk mengawal kegiatan-kegiatan tambang yang ada di Tanah Air agar bermanfaat dan tidak merusak lingkungan. 

“Ini tantangan bagi kita, bagi kader-kader muda yang mau buat Satgas. Bukan hanya Satgas tapi jadi pelaku yang bisa jaga keseimbangan eksplorasi alam dan jaga lingkungan,” kata dia kepada wartawan, Selasa 25 Juli 2023.

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Ilustrasi tambang pasir untuk proyek reklamasi

Photo :
  • Danar Dono

Sementara itu, Ketua Bidang ESDM Pemuda Muhammadiyah, Dedi Irawan berharap akan ada output dari acara berupa pembentukan Satgas yang berisi para peserta short course. Selanjutnya, mereka menginventaris persoalan dari ujung Papua hingga Aceh.

Anggota DPR Salut Kejagung Berani Usut Dugaan Korupsi di Sektor Tambang

“Lalu kita cari solusi bersama,” ucap Dedi.

Gubernur Lemhannas Andi Widjajanto yang hadir menyinggung soal kadar karbondioksida (CO2) yang semakin tinggi sehingga mengakibatkan kondisi dunia semakin panas. Atas alasan tersebut, negara-negara di dunia melakukan transisi energi. Salah satu upayanya, kata dia, bisa dilakukan dalam transisi energi yaitu transformasi hijau.

“Kalau ini dipakai, akan ada lompatan energi hijau dan dunia meninggalkan energi coklat,” ujarnya menyudahi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya