Ratusan Orang Kunjungi Pekanbaru Culinary Festival, Serbu Dagangan Produksi UMKM

Pendukung Sandiaga Uno gelar acara Pekanbaru Culinary Festival
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Riau – Pekanbaru Culinary Festival yang digelar oleh UMKM Sahabat Sandi Uno Riau telah membawa keuntungan besar bagi para Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Riau. Festival kuliner tersebut berlokasi di Jl HR Soebrantas, Panam, Pekanbaru, Riau.

Genjot Pertumbuhan Ekonomi, Sri Mulyani Pastikan Kesejahteraan Rakyat Terjaga

Nyatanya, kegiatan tersebut berhasil mengundang ratusan pengunjung dari berbagai penjuru kota. Dengan bangga para UMKM memperkenalkan ragam kuliner lokal yang kaya akan cita rasa dan keunikan.

Pelaku UMKM ikut serta di acara Bazar Festival Cemilan

Photo :
  • Dok. Istimewa
Forum Bank Sentral Asia Timur, BI Pamer Ekonomi RI Kuat di Tengah Ketidakpastian

Awalia Rahman, selaku ketua UMKM Sahabat Sandi Uno Riau mengungkapkan, tujuan festival ini adalah untuk memberikan peluang bagi para pelaku UMKM setempat agar dapat mempromosikan produk mereka, meningkatkan penjualan, serta berkontribusi dalam penguatan ekonomi

"Kita adakan acara ini karena program pelatihan dan pendampingan ini sudah berjalan satu tahun makanya saya fasilitasi untuk mereka berkembang, dan bisa menambah income. Semoga kami disini bisa membantu masyarakat dalam meningkatkan ekonomi," kata Awalia. 

Keren, Batik Indonesia Paling Banyak Diekspor ke Amerika Serikat dan Jerman

Tempat berjualan yang difasilitasi oleh UMKM Sahabat Sandi Uno Riau tersebut akan berjalan selama satu tahun ke depan hingga 2024, dan tidak menutup kemungkinan akan terus dilanjutkan untuk beberapa tahun ke depan, agar para pelaku UMKM bisa lebih mendapatkan keuntungan karena lokasi yang sangat strategis. 

"InsyaAllah kalau memang memungkinkan kita akan lanjutkan beberapa tahun kedepan. Saya pilih tempat ini karena dekat kampus juga jadi mahasiwa bisa pada kesini," ungkap Awalia. 

Salah satu pelaku UMKM, Rita Lestari menginginkan event ini bisa terus berjalan sehingga dapat memberikan dampak jangka panjang bagi pertumbuhan ekonomi UMKM, serta memperkuat daya tarik pariwisata di Riau. 

"Hari ini Alhamdulillah omsetnya lebih baik, next time juga berharap akan lebih baik lagi karena memang ini lokasi ada di pinggir jalan. Harapannya ini bisa berjalan jangka panjang dan income buat kami bertambah dan disinilah tempatnya membantu UMKM banget," kata Rita. 

"Terima kasih buat UMKM Sahabat Sandi dan Pak Sandi ini sangat membantu perekonomian. Semoga tempat ini dijadikan sebagai wadah wisata kuliner dan bisa dipromosikan agar lebih banyak pengunjung kesini," lanjut Rita. 

Menparekraf Sandiaga Uno (baju hijau)

Photo :
  • Istimewa

Namun, festival ini tidak hanya menyajikan lezatnya makanan lokal, tetapi juga menawarkan berbagai acara menarik untuk menambah keseruan dan minat pengunjung. Salah satu acara yang menjadi pusat perhatian adalah Fashion Show, selain itu terdapat lomba mewarnai, workshop, hingga ada bazar sembako murah. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya