Moeldoko Sebut Pembangunan Bandara Bali Utara Tidak Bisa Ditunda

Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko
Sumber :
  • Istimewa

Bali – Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko kunjungan kerja ke Kabupaten Buleleng, Bali pada Kamis, 27 Juli 2023 siang. Dalam kunjungan itu dia menerima masukan dan aspirasi masyarakat dan para tokoh di Buleleng terkait dengan pembangunan bandara Bali Utara.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

Mengenai hal tersebut, Moeldoko menegaskan bahwa pembangunan bandara di Buleleng tidak bisa ditunda. Apalagi kajian mengatakan bahwa di Buleleng memerlukan bandara, hal ini tentu sebagai upaya pemerataan ekonomi di Bali antara wilayah selatan dan utara.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Menurutnya, persoalan pembangunan bandara bukan karena keinginan melainkan karena kebutuhan. Yang didalamnya tentu banyak aspek persoalan sosial, budaya, politik, dan seterusnya.

"Kita tidak bisa melihat perekonomian Bali hanya dari Kabupaten Badung saja. Tetapi juga harus melihat perekonomian di Kabupaten Buleleng dan lainnya. Keberadaan bandara di Bali Utara akan menciptakan lapangan kerja yang berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi kawasan sekitar," ujar Moeldoko dalam keterangan resmi, Kamis, 27 Juli 2023.

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

“Ini sebuah kebutuhan yang pasti akan menjadi pertimbangan. Dan pertimbangan ini sebenarnya sudah cukup panjang di Presiden,” lanjutnya

Moeldoko menjelaskan bahwa Bandara Bali Utara yang dulunya masuk ke dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) kini sudah dikeluarkan, namun akan masuk ke dalam dokumen strategis yang berisikan rencana pembangunan jangka panjang, menengah, dan pendek.

Aspirasi masyarakat akan pembangunan bandara dalam bentuk offshore atau lepas pantai, akan diteruskan secara langsung ke Presiden Jokowi agar pembangunannya tetap berlanjut.

"Menjadi tugas kami untuk melaporkan kepada Presiden bahwa pembangunan Bandara Internasional Bali Utara yang digagas oleh PT BIBU Panji Sakti dan mendapat dukungan penuh dari seluruhnya,” pungkas Moeldoko

Moeldoko, Kepala Staf Kepresidenan (KSP)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sementara itu, Direktur Utama PT BIBU Panji Sakti, Iwan Erwanto Sad Adiatmoko Hariwibowo; mengaku optimis akan kelanjutan pembangunan bandara di wilayah utara Bali ini.

Apalagi masyarakat Buleleng yang dengan antusias berkeinginan membangun perekonomian baru, terlebih setelah adanya bandara di Bali Utara.

"Agenda kunjungan kerja Moeldoko ini, semakin meyakinkan masyarakat yang sangat antusias ingin membangun perekonomian baru di wilayahnya melalui Bandara Baru ini, setelah kunjungan Ketua DPD RI, sebulan yang lalu," ujar Iwan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya