Aksi Vandalisme Bertuliskan 'Depok' di Gua Hira, Menag Yaqut Akan Evaluasi Sejak dari Manasik Haji

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.
Sumber :
  • VIVA/Sherly

Tangerang – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas akan memasukkan materi larangan aksi mencoret-coret, saat melakukan ibadah haji dalam proses manasik haji. Materi itu pun sebagai bentuk evaluasi atas aksi jemaah haji asal Indonesia yang viral, usai melakukan tindakan vandalisme atau mencoret-coret Gua Hira.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

"Vandalisme ini sesuatu perbuatan yang menurut saya, di manapun apalagi di tanah suci, apalagi di Gua Hira yang sangat bersejarah itu, tidak patut dan ini catatan kami. Di mana, ke depannya menjadi bagian manasik haji," katanya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis, 27 Juli 2023.

Coretan di Gua Hira

Photo :
  • YouTube Jeda Nulis
Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Materi itu akan memberikan pemahaman kepada para jemaah, kalau tidak boleh melakukan vandalisme dengan corat-coret. Selain itu, adanya catatan lain mengenai tata cara kepada para jemaah mengenai penggunaan toilet di pesawat.

"Banyak catatan atau evaluasi soal pelaksanaan haji tahun ini, selain soal larangan vandalisme, kita akan memasukkan juga materi soal tata cara menggunakan toilet di pesawat," ujarnya.

Bertemu Majelis Masyayikh, Menag Bahas Rekognisi Santri dan Ma’had Aly

Diketahui sebelumnya, vandalisme itu dibagikan oleh Habib Ja`far dalam video dengan durasi 16.54 menit. Di mana, vadalisme yang terjadi di lokasi bersejarah itu sangat disayangkan. Bahkan, dari vandalisme yang ada, terdapat beberapa nama-nama orang Indonesia dan kota Depok.

Semua tulisan dan coretan di Gua Hira di Jabal Nur, Mekah dihapus

Photo :
  • Twitter @needs_in_makkah
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya