Komitmen Teruskan Kebijakan Hilirisasi Jokowi, Prabowo Dinilai Fokus Utamakan Kepentingan Nasional

Menhan RI Prabowo Subianto dan Presiden Jokowi di acara HUT ke 77 Bhayangkara
Sumber :
  • Instagram @prabowo

Jakarta– Komitmen bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto untuk meneruskan program Presiden Joko Widodo di sektor hilirisasi untuk menguatkan kedaulatan negara, membuat para pendukung Jokowi jatuh hati.

Jokowi Sets New Rule for Social Health Insurance

Demikian dikemukakan Direktur Eksekutif Citra Institute, Yusak Farchan. “Pak Prabowo banyak bicara soal hilirisasi karena menyangkut kedaulatan nasional,” katanya, Sabtu, 29 Juli 2023.

Menurut Yusak, sedari dulu Prabowo memang menaruh perhatian yang amat besar kepada program hilirisasi yang dijalankan oleh Presiden Jokowi. Prabowo melihat jika hilirisasi dioptimalkan hasilnya akan membuat sejahtera rakyat Indonesia. 

PNS Terobos ke Belakang Jokowi Diamankan Paspampres, Kolonel Herman: Hindari Hal Tak Diinginkan

Bakal Capres Prabowo Subianto berorasi di Rakernas Apdesi di Universitas Jambi

Photo :
  • Apdesi

“Saya kira dari dulu Pak Prabowo menaruh perhatian terhadap pentingnya kedaulatan ekonomi seperti di sektor pangan dan energi,” kata Yusak. 

Khofifah Beberkan Arahan Jokowi ke Forum Rektor untuk Percepatan Indonesia Emas 2045

Prabowo secara lugas mengungkapkan bahwa ia mendorong hilirisasi sebagai upaya menjaga sumber daya alam negara. Menteri Pertahanan tersebut mengatakan, kebijakan yang selama ini menjadi prioritas Presiden Jokowi itu bertujuan untuk memakmurkan rakyat Indonesia.

Prabowo beranggapan penerapan hilirisasi atau pengolahan sumber daya alam di dalam negeri dapat meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat. Ia memberi contoh nyata hilirisasi pada sejumlah komoditas, khususnya nikel dan kelapa sawit. 

Oleh karena itu, menurut Yusak, komitmen Prabowo untuk mengakselerasi program hilirisasi memang tepat dan patut diapresasi. Capres Partai Gerindra itu selalu mengutamakan kepentingan nasional dan orang banyak. 

Yusak mengatakan,  komitmen Prabowo tersebut sudah ada sejak dahulu. Prabowo yang juga merupakan sosok pemimpin visioner, lanjut dia, sudah memikirkan apa yang baik untuk rakyat Indonesia agar tidak terjebak di dalam frasa negara berpendapatan menengah (middle income trap). 

“Output dari hilirisasi kan bagaimana masyarakat bisa mendapat nilai tambah dari sumber daya yang ada dan bisa membuka peluang kerja. Ini yang menjadi fokus Pak Prabowo dari dulu,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya