Wali Kota Bandung Yana Mulyana akan Diberhentikan Akhir September 2023

KPK menghadirkan Wali Kota Bandung Yana Mulyana dan lima tersangka korupsi
Sumber :
  • ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat

Bandung - Rapat paripurna DPRD Kota Bandung pada Jumat 28 Juli 2023 mengumumkan pemberhentian Yana Mulyana sebagai Wali Kota Bandung karena berakhir masa jabatannya pada 20 September 2023. 

Hal tersebut disampaikan Sekretaris DPRD Kota Bandung, Salman Fauzi. Ia mengatakan, pada Rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Kota Bandung yang diselenggarakan Jumat, 28 Juli 2023, disepakati pimpinan DPRD Kota Bandung mengumumkan mengenai pemberhentian jabatan wali Kota Bandung periode 2018-2023.

"Yana Mulyana diberhentikan sebagai Wali Kota Bandung karena berakhir masa jabatannya pada 20 September 2023. Sebelumnya sudah kita bahas juga di Bamus. Lalu kita umumkan di rapat paripurna hari ini," ujar Salman dalam keterangannya, Sabtu 29 Juli 2023.

Korupsi Proyek CCTV, Eks Wali Kota Bandung Yana Mulyana Dijebloskan ke Lapas Sukamiskin

Wali Kota Bandung Yana Mulyana

Photo :
  • Adi Suparman (Bandung)

Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan menyebutkan, pengumuman ini sudah dilakukan sesuai dengan mekanisme yang ada. "Sesuai dengan ketentuannya, pimpinan DPRD akan menyampaikan surat pemberhentian tersebut ke Kementeri Dalam Negeri melalui Gubernur Jabar," ujar Tedy.

Sementara itu, Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna menyampaikan, seluruh mekanisme telah dilakukan sesuai UU Nomor 23 tahun 2014. Sebab menurutnya, setiap jabatan ada masa periodesasinya. 

"Kepala daerah dan wakilnya selesai tanggal 20 September 2023. Sesuai dengan ketentuan, ini harus diumumkan dulu. Setelah itu kita menuju proses pemberhentiannya," ungkap Ema.

Ia menambahkan, setelah proses pengumuman ini, Pemkot Bandung menunggu keputusan dari Kemendagri. "Sesuai dengan keputusan pemerintah pusat, 21 September ini akan hadir pejabat kepala daerah yang masanya sesuai dengan daerah lain karena ini masuk kepada kelompok pilkada serentak," imbuhnya. 

Eks Wali Kota Bandung Yana Mulyana Divonis 4 Tahun Bui Terkait Korupsi Proyek CCTV
Shri IGN Arya Wedakarna - foto: Instagram Arya Wedakarna

Kena Sanksi Pemberhentian Tetap, Arya Wedakarna Terbukti Langgar Kode Etik

Pemecatan terhadap senator asal Bali Arya Wedakarna itu dibacakan oleh Wakil Ketua III BK DPD RI Made Mangku Pastika.

img_title
VIVA.co.id
2 Februari 2024