Tak Ada Lagi Pembayaran Cash untuk Pembuatan SIM, Irjen Firman: Jangan Rusak Anggota Saya

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi
Sumber :
  • NTMC Polri

Jakarta – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi menegaskan tidak ada lagi sistem pembayaran dengan uang cash di setiap tempat pembuatan uji SIM dimana pun tempat uji tesnya.

Ternyata Syarat Usia Minimal Punya SIM Tidak Semuanya 17 Tahun, Cek Aturannya

"Sebagai informasi kepada kawan-kawan juga bahwa untuk ujian SIM biaya seluruhnya melakukan pembayaran melalui bank artinya enggak ada lagi uang cash di sini," ujar Firman di Satpasim Daan Mogot, Jumat 4 Agustus 2023.

Firman mengatakan jika nantinya terjadi pembayaran secara cash, hal tersebut merupakan gratifikasi dan uang masuk ke kantong pribadi petugas bukan masuk ke cash negara.

Terpopuler: Pajak Tahunan Innova Zenix Hybrid, Bocah 5 Tahun Bawa Mobil PLN

"Jangan anggota saya diiming-imingi dengan memberikan sesuatu untuk lulus, kasihan nanti mentalnya rusak kalau diiming-imingi," ujarnya.

Praktek ujian pembuatan SIM di Polres Tegal, Jawa Tengah

Photo :
  • ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah
Apakah MK Tolak Gugatan Syarat Usia SIM seperti Tolak Masa Berlaku SIM Seumur Hidup?

"Kalaupun ada berarti uangnya petugas pribadi itu buat pulang barangkali atau buat beli makan di kantin," tambahnya.

Firman menghimbau masyarakat untuk tidak tergiur dengan upaya-upaya percaloan di lingkungan pembuatan SIM. "Jangan ada yang mau lulus dengan membayar tapi mau lulus perbanyaklah latihan baik teori maupun praktek ya," ujarnya.

Diketahui, Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpasim) Polda Metro Jaya di jalan Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat resmi mengubah lintasan ujian praktik sepeda motor hingga menjadi lebih mudah.

Lintasan yang dulunya menggunakan trek zig-zag hingga angka 8 kini menjadi Letter S. "Kita menerima masukan dari masyarakat bahwa ujian dengan metode angka 8 dirasakan cukup menyulitkan," ujarnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya