Menag Sambut Kepulangan 335 Petugas Haji di Bandara Soekarno Hatta

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyambut kepulangan 335 petugas haji.
Sumber :
  • Viva.co.id/ Sherly (Tangerang)

Tangerang – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyambut kepulangan 335 petugas haji di area kedatangan internasional Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Sabtu, 5 Agustus 2025.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Kepulangan ratusan petugas haji yang tiba hari ini merupakan yang terakhir dalam periode haji 2023.

"Hari ini ada 335 petugas yang tiba, dan untuk jemaah haji kloter 88 yang merupakan kloter terakhir asal Surabaya telah tiba kemarin malam," ujarnya di Tangerang. 

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Dia menambahkan, "Dalam hal ini, keseluruhan proses layanan haji 2023 sudah selesai. Namun, memang masih ada 5 petugas haji yang tertinggal, dan akan dipulangkan besok."

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyambut kepulangan 335 petugas haji.

Photo :
  • Viva.co.id/ Sherly (Tangerang)
Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Dalam layanan haji 2023 ini, dia menyebutkan, secara keseluruhan berjalan dengan baik dan lancar, dimana para petugas haji pun telah menjalankan tugasnya dengan baik.

"Semua berjalan dengan baik dan lancar. Saya juga berterima kasih dengan para petugas penyelenggara haji, dimana di tahun ini, banyak petugas yang menjalankan tugasnya di luar yang seharusnya, seperti menggendong jemaah, hingga membantu jemaah untuk urusan MCK," ujarnya.

Hal ini lantaran 30 persen dari jemaah haji tahun 2023 merupakan jemaah lansia atau lanjut usia. Sehingga menjadikan tantangan tersendiri bagi para petugas.

"Total tahun ini ada 210 ribu jemaah dengan 30 persen di antaranya lansia, dan ini jadi tantangan bagi petugas kami untuk menjalankan tugasnya. Tahun depan pun kami harap lebih baik lagi," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily turut mengucapkan terima kasih kepada para petugas yang telah memberikan layanannya kepada para jemaah, terutama yang lansia.

"Kami ucapkan terima kasih, meski memang penyelenggaraan haji ditemukan kekurangan sana-sini, kami Komisi VIII menyadari bahwa tidak mudah bagi pemerintah untuk memberikan pelayanan sebaik-baiknya terlebih dengan jumlah jemaah lansia yang mencapai 30 persen dari jumlah jemaah haji tahun ini," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya