Prabowo Disebut Sosok Capres Berkharisma Kuat di Mata Generasi Muda

Menhan Prabowo Subianto menerima kunjungan selebgram dan komika di kantornya
Sumber :
  • dok Tim Prabowo

Jakarta – Kharisma  Prabowo Subianto menguat di mata generasi muda. Hal itu karena  karakter bakal calon presiden dari Partai Gerindra tersebut yang santai dan berwibawa pada waktu bersamaan setiap melakukan interaksi di ruang publik.

Berpeluang Didukung Gerindra di Pilgub Sumut 2024, Bobby Nasution Bilang Begini

Demikian dikemukakan Peneliti Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro. Menurut dia, pergerakan Prabowo yang lebih soft dan dekat dengan semua kalangan seperti anak muda, wartawan dan tokoh publik menjadi daya tarik tersendiri. 

Bahkan dalam satu kesempatan, kata Bawono, Prabowo dengan serunya menceritakan salah satu anime termasyur di dunia dan Indonesia yaitu One Piece bersama influencer muda Bayu Skak, di sebuah tempat makan Mie Gacoan. 

Sekjen PDIP Sebut Megawati Cermati Presidential Club yang Digagas Prabowo

Bakal Capres Prabowo Subianto berorasi di Rakernas Apdesi di Universitas Jambi

Photo :
  • Apdesi

Hal ini, menurut Bawono, memperlihatkan keluwesan Prabowo dalam berinteraksi dengan generasi muda. Prabowo juga memahami perkembangan dunia generasi muda Indonesia yang menggandrungi anime One Piece. 

PDIP: Megawati Bertemu Prabowo pada 17 Agustus

"Beliau (Prabowo) juga mendekati generasi yang lebih muda. Kemudian Pak Prabowo berbincang dan mau berfoto dengan temen-temen wartawan di Istana," kata Bawono dalam keterangannya, Senin, 7 Agustus 2023.

Bawono mengemukakan, sikap Prabowo tersebut sangat jauh berbeda dengan pilpres-pilpres lalu. Saat ini Prabowo jauh lebih akrab dengan wartawan yang mayoritas adalah generasi muda Indonesia.

Bawono melihat, karakter Prabowo yang lebih santai itu mampu memberikan dukungan tambahan di bursa capres 2024 mendatang. Prabowo juga terlihat lebih sabar saat menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang menyinggung.

"Kita lihat pergerakan politik Pak Prabowo itu agak lebih soft, ketika menjawab pertanyaan yang menyinggung, Prabowo jawabnya lebih rileks, itu satu penjelasannya," ujarnya.

Dalam hasil survei Indikator Politik Indonesia periode 20-24 Juni 2023 Prabowo meraih hasil maksimal di kalangan pendukung generasi muda. Sebanyak 40,5 Gen Z menyatakan dukungannya terhadap Prabowo. Kemudian, sekitar 37,1 persen milenial juga memberikan dukungannya kepada ketua umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) tersebut.

Selain itu, Bawono melihat, kaderisasi yang dilakukan Prabowo di Gerindra juga mampu memberikan dampak terhadap penguatan elektabilitas. Gerindra akhir-akhir ini juga merekrut anak muda berkarakter dan memiliki massa untuk menjadi kader.

"Kedua boleh jadi Partai Gerindra sebagai basis politik utama beliau dalam beberapa tahun terakhir itu sangat masif merekrut anak muda dan berhasil mendidik anak muda sebagai porsi terbesar dari Gerindra itu sendiri," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya