Novel Baswedan: Selama Pimpinan KPK Firli Bahuri, Harun Masiku Tak Akan Ditangkap

Penyidik senior KPK Novel Baswedan (tengah).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Jakarta Polri mengungkap buronan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Harun Masiku saat ini diduga masih berada di Indonesia. Politikus PDI Perjuangan (PDIP) itu jadi buronan KPK terkait kasus suap komisioner KPU.

Terpopuler: Gempa Garut, Dewas Bongkar Perilaku Wakil Ketua KPK, Keluarga Polisi ke Jakarta

Mantan penyidik senior KPK, Novel Baswedan pun turut menanggapi atas informasi yang disampaikan Polri.

Novel bilang Harun Masiku tidak akan bisa ditangkap jika pimpinan lembaga antirasuah masih dijabat oleh Firli Bahuri Cs.

Mengenal 2 Sosok Anggota Polri di Timnas Indonesia U-23

"Ini masalah kemauan saja. Mau dibantu oleh siapapun, kalau pimpinan KPK nya tidak mau ya tidak akan ditangkap. Sebagaimana pernah saya sampaikan, selama pimpinan KPK adalah Firli dkk, maka Harun Masiku tidak akan ditangkap," kata Novel kepada wartawan dikutip Selasa 8 Agustus 2023.

Ketua KPK Firli Bahuri

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

Novel meyakini hal tersebut lantaran dia mengaku sudah lama bertugas di lembaga antikorupsi itu. Ia mengaku punya banyak informasi soal pimpinan KPK era Firli Bahuri.

"Saya yakin karena saya kenal Firli. Dan, saya pernah lama tugas di KPK. Jadi, saya banyak informasi yang dengan itu bisa membuat keyakinan," kata Novel.

"Walaupun itu saya tidak bisa jelaskan kenapa saya yakin. Tetapi saya perlu sampaikan bahwa Firli tidak akan menangkap Harun Masiku agar publik paham," ujarnya.

Untuk diketahui, KPK menetapkan Harun Masiku masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) alias buronan sejak 17 Januari 2020. Artinya, sudah lebih 3,5 tahun Harun Masiku masih buron. Eks Caleg PDIP itu juga ditetapkan jadi buronan internasional sejak 30 Juli 2021.

Polri Deteksi Harun Masiku

Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadiv Hubinter) Polri, Irjen Pol Krishna Murti mengatakan Harun Masiku diduga masih berada di Indonesia. Dia mengatakan hal itu demi menepis informasi yang beredar bahwa diduga Harun Masiku di negara tetangga, Kamboja.

Krishna menjelaskan diduga Harun Masiku masih ada di Indonesia. Ia mengatakan demikian karena usai dilakukan pengecekan bahwa data perjalanan bahwa terdeteksi Harun Masiku di dalam negeri.

"Ada data perlintasannya yang menunjukkan bahwa yang bersangkutan ada di dalam negeri. Jadi, rumor-rumor yang beredar seperti itu, ya kami sampaikan. Tapi, kami tidak menghentikan pencarian terhadap yang bersangkutan di luar negeri," kata Krishna kepada wartawan di gedung merah putih KPK, Senin 7 Agustus 2023.

Dia juga menjelaskan Harun Masiku memang sempat pergi keluar negeri. Namun, kepergiannya itu tak memakan waktu lama karena langsung kembali ke Indonesia. Maka itu, ia menduga kuat Harun Masiku tak bersembunyi di luar negeri.

"Setelah dia keluar dia balik lagi ke dalam. Jadi dia sebenarnya bersembunyi di dalam tidak seperti rumor. Tapi kita juga tidak menghentikan pencarian dari yang bersangkutan di luar," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya