Operator Crane Tewas Terjepit di Pintu Masuk Pelabuhan Merak Banten

Operator Crane Tewas Terjepit di Pintu Masuk Pelabuhan Merak Banten
Sumber :
  • Yandi Deslatama

Banten - Crane pengangkut alat berat terguling dan jatuh di pintu masuk Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, pada Sabtu (11/8 2023), pukul 09.40 WIB. Akibatnya, operator crane terjepit dan tewas di lokasi kejadian.

Longsor Horor Terjang Toraja Utara, 3 dari 9 Orang yang Tertimbun Tewas

"Pas kita datang pun memang sudah meninggal. Korban dievakuasi ke RSUD Kota Cilegon," ujar Hairu Amir, Kasi Ops Basarnas Banten, melalui pesan elektroniknya, Sabtu (12/08/2023).

Untuk mengevakuasi korban bernama Heryanto (56), warga Vila Tangerang, Kelurahan Kutajaya, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Banten itu, Basarnas memerlukan waktu sekitar satu jam, lantaran posisinya yang terjepit.

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

Evakuasi yang dilakukan sejak pukul 12.14 wib hingga 13.30 WIB menggunakan alat Rescue Ekstrication Portable, biasa digunakan untuk menolong korban yang terjepit reruntuhan dan bentuknya mirip gunting raksasa.

Operator Crane Tewas Terjepit di Pintu Masuk Pelabuhan Merak Banten

Photo :
  • Yandi Deslatama
Rumah di Jaktim Roboh saat Renovasi, 1 Warga Tewas Tertimpa

"Kita turunin 1 tim dan pakai alat ekstrikasi dan RAR. Kesulitan karena korban tertimpa crane, jadi harus ektra hati-hati dalam proses evakuasinya," terangnya.

Kejadian berawal saat crane akan menaikkan besi ke truk kontainer di lokasi pembangunan jembatan dekat pintu masuk Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak. Di akses jalan nasional itu kondisinya memang miring, sehingga crane terguling dan operatornya terjepit.

Satreskrim Polres Cilegon telah meminta keterangan sejumlah saksi dan mengelar olah TKP di lokasi kejadian. Kasusnya sendiri akan didalami oleh kepolisian.

"Saat kendaraan crane mau menaikkan besi forklift ke kendaraan trailer, kendaraan crane tersebut miring dikarenakan permukaan tanah yang miring, sehingga kendaraan crane tersebut jatuh ke ujung kendaraan trailer tersebut. Sehingga korban terjepit di ujung kendaraan trailer tersebut," ujar AKP David Adhi Kusuma, Kasatreskrim Polres Cilegon, melalui pesan elektroniknya, Sabtu (12/8/2023).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya