Airlangga Pastikan Tak Ada Gejolak Setelah Golkar Dukung Prabowo

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto
Sumber :
  • VIVA/Farhan Faris

JakartaKetua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengatakan keputusan partai Golkar mendukung bakal calon Presiden 2024, Prabowo Subianto sudah berdasarkan konsolidasi internal.

Gerindra: Prabowo Sudah Kantongi Nama untuk Pilgub Jakarta 2024

Airlangga menyebutkan, dukungan tersebut sesuai permintaan dari suara kader partai. “Tentu, Golkar sudah melakukan konsolidasi internal, baik dengan daerah maupun para senior. Tentu ini arah yang memang diminta oleh seluruh jajaran partai,” kata Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin, 14 Agustus 2023.

Menurut dia, seluruh DPD I Partai Golkar sudah sepakat untuk mendukung Prabowo maju pada Pemilu Presiden 2024. Sehingga, ia memastikan tidak ada lagi gejolak di internal partai berlambang pohon beringin usai dukung Menteri Pertahanan itu. 

Golkar, PAN dan Demokrat Sepakat Koalisi Usung Jaro Ade di Pilkada Kabupaten Bogor

Golkar dan PAN saat deklarasi dukung bacapres Prabowo Subianto.

Photo :
  • Dok. Golkar

“Tentunya secara keseluruhan (DPD I) sudah mendukung keputusan yang diambil kemarin. Sebelum ini sudah teredam,” ujarnya.

Eskalasi Konflik Timur Tengah Memuncak, Industri Hulu Migas Jadi Harapan RI

Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) resmi bergabung dengan koalisi yang dibangun Gerindra dan PKB. Kedua partai itu sepakat untuk mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto maju pada Pilpres 2024.

“Partai Golkar memberikan dukungannya kepada Bapak Letjen Prabowo Subianto sebagai calon presiden RI 2024-2029," kata Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto pada Minggu, 13 Agustus 2023.

Airlangga juga menekankan, alasan Partai Golkar untuk mendukung Prabowo Subianto, karena Prabowo adalah orang yang lahir dari rahim Partai Golkar.

Di sisi lain, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas mengatakan pihaknya sudah berjalan bersama Prabowo selama 10 tahun. Sehingga, itu yang menjadi alasan PAN akhirnya kembali mendukung Prabowo.

“Kenapa PAN mengambil keputusan itu. Kami sudah 10 tahun bareng-bareng dengan Pak Prabowo. Kami meyakini perjuangan 10 tahun itu akan tuntas pak karena kita hari ini sudah bersama-sama dengan Gus Muhaimin Iskandar (Ketua Umum PKB)," katanya. 

PAN sudah bersama-sama Prabowo pada 2 kali pilpres, yakni Pilpres 2014 dan Pilpres 2019. Pada Pilpres 2024 kali ini, PAN kembali memutuskan untuk mendukung dan mengusung Prabowo Subianto. 

Untuk itu, Zulkifli Hasan berharap nantinya Prabowo Subianto bisa memenangkan Pilpres 2024 bersama-sama dengan Golkar, PKB, Gerindra dan partai lainnya. "Bisa menuntaskan perjuangan kita Februari, 14-2024, Insya Allah Pak Prabowo menjadi Presiden RI. Pada-Mu lah kami bertawakal," katanya.

Eks Gubernur Babel Erzaldi Rosman (kiri)

Maju Pilgub Babel Kembali, Erzaldi Rosman Ngaku Didukung Prabowo

Eks Gubernur Babel Erzaldi Rosman mengaku akan mempersiapkan diri untuk kembali maju pada Pilgub Babel 2024.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024