Survei: Prabowo Raih Elektabilitas Tertinggi Dalam Simulasi Dipasangkan dengan 4 Cawapres

Menhan Prabowo Subianto.
Sumber :
  • Arsip Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta – Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mengungkapkan, Prabowo Subianto menjadi bakal calon presiden (capres) yang mengantongi tingkat elektabilitas tertinggi, dalam simulasi dipasangkan dengan empat bakal calon wakil presiden (cawapres).

Relawan Sanopati 08 Optimis Prabowo-Gibran Bisa Wujudkan Indonesia Emas 2045

Menurut Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa, jika Prabowo dipasangkan dengan Gibran Rakabuming Raka, Erick Thohir, Airlangga Hartarto dan Muhaimin Iskandar, tingkat elektabilitasnya melebihi capres PDIP, Ganjar Pranowo dan capres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan.

Data survei LSI Denny JA menunjukkan, jika Prabowo dipasangkan dengan Gibran akan mendapatkan dukungan sebesar 38,8 persen, disusul Prabowo-Erick dengan 38,9 persen, Prabowo-Airlangga 37,5 persen dan Prabowo-Cak Imin 36,5 persen. 

Temuan Survei Indikator: Publik Puas Kinerja Polri Selama Mudik Lebaran 2024

“Dari data ini bisa kita ambil kesimpulan bahwa pertama, siapa pun wakil dari Pak Prabowo, itu relatif beliau melampaui pasangan lainnya, baik wakilnya beliau ini Gibran, kemudian Erick Thohir, Airlangga Hartarto maupun juga Muhaimin Iskandar dia tetap melampaui pasangan Ganjar-Sandi maupun juga Anies-AHY,” kata Ardian dikutp Selasa, 15 Agustus 2023. 

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Photo :
  • Viva/Mohammad Yudha Prasetya
Perkuat Hubungan UEA-Indonesia, Presiden MBZ Anugerahi Prabowo 'Zayed Medal'

Dalam setiap simulasi yang dilakukan oleh LSI Denny JA, elektabilitas Prabowo dengan pasangannya dipertemukan dengan duet Ganjar dan Menparekraf Sandiaga Uno, lalu duet Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). 

Hasilnya, bila Prabowo berpasangan dengan Gibran, pasangan itu mendapatkan elektabilitas tertinggi dengan 38,8 persen, sedangkan Ganjar-Sandiaga mengantongi 33,1 persen suara, disusul Anies dan AHY dengan 16,4 persen. 

Kemudian, jika Prabowo dipasangkan dengan Erick Thohir, total elektabilitas yang didapat adalah 38,9 persen, lebih tinggi dari Ganjar-Sandiaga 34,4 persen dan Anies-AHY dengan 15,8 persen. 

Selanjutnya, jika Prabowo berpasangan dengan Airlangga, total dukungan yang didapat tertinggi yakni mencapai 37,5 persen, diikuti Ganjar-Sandiaga dengan 35,9 persen dan Anies-AHY dengan 20,2 persen. 

Kemudian, jika Prabowo berduet dengan Muhaimin Iskandar, keduanya secara keseluruhan akan mendapatkan elektabilitas sebesar 36,5 persen, lalu Ganjar-Sandiaga dengan total suara 36,2 persen dan Anies-AHY 20,5 persen. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya