Tidak Ada Pengalihan Arus di DPR Meski Ada Sidang Tahunan MPR 2023 dan Pidato Kenegaraan Jokowi

Gedung MPR, DPR dan DPD. (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • vivanews/Andry

Jakarta - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyebut tidak ada rencana pengalihan arus lalu lintas di kawasan Gedung DPR/MPR RI, Tanah Abang, Jakarta Pusat, hari ini lantaran adanya Sidang Tahunan MPR dan pidato Kenegaraan Presiden dalam rangka HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

Soal Isu Prabowo Tinggalkan Jokowi usai Dilantik Jadi Presiden, Pengamat: Adu Domba

"Tidak ada pengalihan arus," kata Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Doni Hermawan kepada wartawan, Rabu, 16 Agustus 2023.

Mantan Kapolres Cianjur ini mengatakan arus lalu lintas berjalan normal. Masyarakat yang hendak beraktivitas bisa tetap melintasi kawasan Gedung DPR/ MPR RI. Tidak ada penutupan jalan dan sebagainya yang mengharuskan masyarakat mencari jalur alternatif. Sampai saat ini sendiri arus lalu lintas berjalan nomral.

Mahasiswa BEM Unram Terobos Hotel Tempat Jokowi Nginap, Diadang Paspampres

"Lalu lintas normal seperti biasa," ucapnya.

Sebelumnya, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) memastikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2023 yang diselenggarakan dalam satu rangkaian dengan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, pada Rabu, 16 Agustus 2023.

Istana Ungkap Alasan Jokowi Kunker ke NTB di Tengah Aksi Hari Buruh

Bamsoet menjelaskan, Presiden Jokowi akan berpidato tentang penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara, dan sekaligus Pidato Kenegaraan dalam rangka HUT Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia.

"Sidang dimulai pukul 09.30 WIB. Dihadiri sekitar 1.549 undangan. Antara lain terdiri dari Presiden RI dan Wakil Presiden RI, mantan presiden RI dan mantan wakil presiden RI, mantan Ketua MPR RI/DPR RI/DPD RI, pimpinan lembaga negara, seluruh anggota MPR RI, menteri Kabinet Indonesia Maju, dan pejabat setingkat menteri, ketua umum partai politik yang mewakili keterwakilan di DPR RI, raja-raja nusantara, ketua ormas keagamaan serta perwakilan teladan dari seluruh nusantara," kata Bamsoet dikutip dari laman mpr.go.id.

Dia menjelaskan, pokok acara Sidang Tahunan MPR RI terdiri dari pembukaan Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI oleh Ketua MPR. 

Nantinya, dalam agenda tersebut diawali dengan pidato pengantar dari Bamsoet dalam rangka Sidang Tahunan MPR RI, pidato pengantar Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti dalam rangka Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI.

Selanjutnya, pidato Presiden RI Jokowi dalam rangka penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara dan pidato kenegaraan dalam rangka HUT ke-78 Kemerdekaan RI. 

Kemudian, pembacaan doa, persembahan lagu-lagu daerah serta penutupan Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI oleh Ketua DPD RI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya