Massa Pekerja Sawit di Bengkayang Bentrok dengan Aparat, Mobil Polisi Dirusak

Bentrok karyawan perkebunan sawit dengan aparat di Bengkayang Kalbar
Sumber :
  • VIVA/Destriadi Yunas Jumasani

Bengkayang - Beredar di media sosial video yang menunjukkan karyawan PT Ledo Lestari di bawah pimpinan Serikat pejuang Lintas Khatulistiwa (PELIKHA) terlibat bentrok dengan aparat kepolisian di perusahaan kebun sawit PT Wirata Daya Bangun Persada yang merupakan Perusahaan Duta Palma Agro Group, di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Sabtu 19 Agustus 2023.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

Aksi gabungan karyawan dari Kabupaten Bengkayang dan Kabupaten Sambas ini diduga karena hak karyawan yang tidak dipenuhi, seperti adanya keterlambatan gaji, tidak ada pesangon, serta tidak adanya karyawan yang terdaftar BPJS. 

Aksi yang diikuti lebih kurang 500 massa tersebut dikawal pihak kepolisian serta Brimob dibantu TNI dan Satpam perusahaan semula berjalan kondusif karena warga menuntut hak mereka sebagai karyawan.

Prudential Indonesia Bayarkan Klaim Asuransi 17 Triliun Selama 2023

Bentrok karyawan perkebunan sawit dengan aparat di Bengkayang Kalbar

Photo :
  • VIVA/Destriadi Yunas Jumasani

Berdasarkan informasi yang dihimpun, aksi tersebut telah sudah berlangsung selama 14 hari, namun diduga tidak ada respon positif dari perusahaan.

Alasan Kejaksaan Agung Izinkan 5 Smelter Timah Tetap Beroperasi Meski Disita

Massa yang diketahui telah menduduki kantor PT Wirata Daya Persada terlibat keributan dengan aparat keamanan, karena dari pihak Polres mencoba membuka blokade yang dilakukan oleh massa. 

Pihak kepolisian terlihat memaksa para pendemo bubar dengan memberi peringatan secara lisan melalui pengeras suara, tak lama dari barisan tengah terlihat petugas melepaskan sekitar 8 tembakan gas air mata ke arah pendemo. 

Kisruh antara kepolisian dan karyawan pun tak terelakkan, kepolisian dipaksa mundur agar tidak terjadi bentrokan yang lebih parah dengan pendemo, yang sebelumnya sempat terjadi penembakan peluru karet ke arah massa.

Pasca mundur, sejumlah kendaraan kepolisian yang ditinggalkan pun terlihat rusak, bahkan masyarakat menemukan sejumlah peluru karet maupun minuman keras yang diduga milik aparat yang mengamankan aksi tersebut. 

Hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari pihak terkait dan yang bertanggung jawab. 

Perusahaan tersebut diketahui merupakan perusahaan sawit milik Surya Darmadi yang kini sedang menjalani proses hukum di Kejaksaan Agung terkait kasus pencucian uang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya