Sikap Prabowo yang Menghormati Perbedaan Dinilai Jadi Kunci Raih Dukungan

Prabowo Subianto di acara Relawan Prabu bersama Budiman Sudjatmiko di Semarang
Sumber :
  • FB Valerie Yudistira Pramudya

Jakarta – Bakal calon presiden (Capres) Prabowo Subianto dinilai  sangat menghormati perbedaan yang dimiliki oleh berbagai kelompok masyarakat di Indonesia. Menteri Pertahanan tersebut juga termasuk sebagai pemimpin yang menghormati perbedaan pendapat dari lawan politik menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Prabowo Yakin Ekonomi Indonesia Mampu Tumbuh 8% 2-3 Tahun ke Depan

Hal itu dikemukakan Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN), Adib Miftahul, Lantaran itu, kata Adib, ketua umum Partai Gerindra tersebut tidak pernah menyerang lawan politik walaupun diserang berbagai pihak melalui ujaran kebencian atau fitnah.

“Strategi Prabowo yang tidak menyerang lawan politik, sampai hari ini kalau saya melihat itu juga menjadi salah satu kunci,” katanya dikutip Minggu, 20 Agustus 2023. 

Hadiri Qatar Economic Forum, Prabowo Ungkap Hal yang Jadi Prioritas di Pemerintahannya

Bakal Capres Prabowo Subianto berorasi di Rakernas Apdesi di Universitas Jambi

Photo :
  • Apdesi

“Prabowo itu sudah tidak ‘tipis kuping’ kasarnya seperti itu, tidak meledak-ledak berbeda dengan 2014 dan 2019 strategi dengan dihantam kritik sana sini tetapi dia tetap cool dan santai,” ujarnya. 

Soal Usulan Jokowi Jadi Penasihat Prabowo, Pengamat Bilang Begini

Menurut dia, sikap tersebut juga menunjukkan jiwa ksatria Prabowo. Prabowo lebih memilih untuk fokus dengan mengemban amanah yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo sebagai menhan, ketimbang harus  menghadapi berbagai serangan yang menghampiri.

Sifat tetap tenang dan santai itu, menurut Adib, yang menjadikan Prabowo belakangan ini terus mendapatkan dukungan masyarakat untuk menjadi pemimpin Indonesia selanjutnya.

“Itulah yang menunjukkan jiwa dia ksatria, legowo, itu yang saya lihat, citra itu dibangun oleh Prabowo,” kata Adib. 

Sifat santai dan juga terbuka, kemudian mau merangkul banyak kalangan, termasuk anak muda, menjadi pembeda dari Prabowo yang dikenal oleh publik pada pilpres 2014 dan 2019 silam. 

Menurut Adib, Prabowo yang mau turun langsung menyapa masyarakat akar rumput, berbincang dengan rakyat serta dekat dengan milenial, menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki. 

Keunggulan itu juga tercermin dalam survei terbaru yang diadakan oleh Indikator Politik Indonesia.

Pada survei yang diselenggarakan pada 15-21 Juli 2023 dengan simulasi head to head, Prabowo berhasil meraih dukungan tertinggi bila berhadapan dengan bakal capres PDIP Ganjar Pranowo. Dalam survei tersebut, Prabowo berhasil mendapatkan dukungan sebanyak 47,0 persen, sedangkan Ganjar meraup suara sebesar 39,6 persen. 

Di sisi lain, jika Prabowo berhadapan dengan Anies Baswedan, orang nomor satu di Kementerian Pertahanan itu  meraih dukungan suara sebesar 51,2 persen. Adapun Anies mendapatkan dukungan sebesar 33,5 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya