Litbang Kompas Temukan Aliran Suara ke Prabowo dari Pendukung Ganjar dan Anies

Menhan Prabowo Subianto dalam forum IISS di Singapura
Sumber :
  • Twitter Prabowo Subianto @prabowo

Jakarta – Calon presiden (capres) Prabowo Subianto mendapat akumulasi suara dari dua kandidat capres lainnya, yaitu Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Prabowo mendapat keuntungan besar dalam pertarungan head to head dengan kandidat siapa pun pada putaran kedua Pilpres 2024.

Pilkada Jakarta dan Jawa Barat, Zulhas Bilang PAN Tetap Bersama Gerindra

Hal itu terungkap dari hasil survei teranyar Litbang Kompas yang dilansir Senin, 21 Agustus 2023. Dalam survei itu mencatat, jika head to head, Prabowo unggul atas capres PDI Perjuangan Ganjar dengan torehan suara 52,9 persen. Sedangkan Ganjar mencatatkan suara sebanyak 47,1 persen.

"Perolehan ini semakin memperlebar jarak keterpilihan Prabowo dengan Ganjar yang sebelumnya 2,2 persen pada bulan Mei 2023, kini menjadi 5,8 persen," tulis Litbang Kompas.

Janji Prabowo Subianto ke PAN yang Setia Mendukungnya

Dalam skema tersebut, Litbang Kompas menemukan adanya aliran suara dari pendukung Anies ke Prabowo naik dari dari 60,1 persen pada Mei 2023, kini menjadi 69,9 persen. 

Bakal Capres Prabowo Subianto berorasi di Rakernas Apdesi di Universitas Jambi

Photo :
  • Apdesi
Zulhas: Prabowo Dicintai Rakyat karena Ingin Melayani yang Kelaparan Lewat Makan Siang Gratis

Sedangkan ketika dihadapkan dengan capres Koalisi Perubahan Anies, Prabowo cenderung unggul sangat jauh dengan torehan 65,2 persen. Sedangkan Anies mendapat suara sebesar 34,8 persen.

Skema antara Prabowo dan Anies juga sama persis saat berhadapan dengan Ganjar. "Dalam skema Prabowo melawan Anies, dukungan dari pemilih Ganjar yang mengalir ke Prabowo bertambah besar, dari 64,1 persen menjadi 71,6 persen," tulis Litbang Kompas.

Survei terbaru Litbang Kompas dilakukan secara tatap muka dalam kurun waktu 27 Juli-7 Agustus 2023. Litbang Kompas melibatkan 1.364 responden di 38 provinsi yang tersebar di 331 desa/kelurahan di Indonesia. Tingkat kesalahan atau margin of error dalam survei sekitar 2,65 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya