Analisa Pengamat soal Pernyataan Megawati yang Minta KPK Dibubarkan

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.
Sumber :
  • YouTube PDIP

Jakarta – Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) sekaligus Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputi mengaku meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) membubarkan Komisi Pemberantasam Korupsi (KPK). Megawati beralasan karena lembaga antirasuah itu sudah tidak efektif

Abah Anton Ngaku Tak Kapok Maju Pilkada Kota Malang: Ulama Milih Kita untuk Lakukan Perubahan

Merespons usulan dari Megawati itu, Pengamat Hukum Tata Negara, Feri Amsari melihat upaya pembubaran KPK ini sudah terencana sistematis. 

“Iya bagi saya ada upaya bertahap untuk membubarkan KPK,” kata Feri kepada awak media, Selasa, 22 Agustus 2023.

Terkuak! SYL Juga Modalin Cucunya Sunatan Pakai Duit Korupsi di Kementan

Gedung KPK (Foto Ilustrasi)

Photo :
  • KPK.go.id

Upaya pembubaran itu, kata Feri, mulanya terlihat dari upaya merusak dari dalam dengan memilih para komisionernya yang bermasalah, selanjutnya dirusak aturannya kemudian berujung digaungkan lewat politik.

Pernah Ditangkap KPK Terjerat Kasus Suap, Abah Anton Daftar Lagi Pilwali Malang Lewat PKB

“Pertama dirusak dulu komisionernya dengan dipilih orang-orang bermasalah, lalu kemudian dirusak undang-undangnya, lalu dipecat orang-orangnya, dan ujungnya setelah kerja-kerja mereka tidak efektif tentu saja ini bagian dari rencana maka disampaikanlah isu pembubaran. Maka saya yakin motif utamanya adalah membubarkan KPK. Dan, ini adalah rancangan tersistimatis untuk kemudian memastikan KPK tidak ada,” kata Feri. 

Karena itu, Feri meragukan motif Megawati yang padahal terlibat dalam pendirian KPK, kini menyuarakan pembubaran lembaga superbody tersebut. Terlebih, PDIP merupakan partai terbesar di parlemen saat ini yang sebelumnya juga aktif menggaungkan merevisi undang-undang KPK. 

“Ketika megawati yang terlibat dalam upaya mendirikan KPK bicara pembubaran tentu orang merasa ini adalah kekecewaan Megawati. Padahal bukan tidak mungkin Megawati juga menentukan dari upaya pembubaran ini, karena bagaimanapun partainya adalah partai mayoritas di parlemen,” imbuhnya.

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri

Photo :
  • Dok. PDIP

Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Megawati Soekarnoputri mengaku pernah meminta Presiden Jokowi untuk membubarkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena dinilai sudah tidak efektif.

"Saya sampai kadang-kadang bilang sama Pak Jokowi, sudah deh, bubarin aja KPK itu Pak, jadi menurut saya nggak efektif. Ibu nih kalau ngomong ces pleng," ujar Megawati dalam Acara BPIP di Jakarta Selatan, Senin, 21 Agustus 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya