Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto Mengingatkan Pemda Soal Kekeringan Air di Masyarakat

Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto
Sumber :
  • Syarifuddin Nasution (Jambi)

Jambi - Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto meminta kepada seluruh pemerintah daerah (Pemda) untuk mengantisipasi kondisi kemarau yang sudah terjadi di beberapa daerah. Hal ini tidak hanya terkait dengan kebakaran hutan dan lahan, namun juga antisipasi terkait kekeringan.

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto: Kami Siap Berantas Korupsi

Edi Purwanto menyebut bahwa kondisi kekeringan juga perlu menjadi perhatian bagaimana penyaluran air kepada masyarakat tidak terkendala. Apalagi masih banyak penyaluran air yang memang tidak terjangkau ke masyarakat langsung sehingga harus ada upaya penyaluran air langsung ke masyarakat.

“Kita ingatkan kepada seluruh kepala daerah, selain fokus pada pecegahan karhutla, soal kekeringan di tengah musim kemarau ini juga harus diperhatikan. Mengingat bahwa suplay air seperti PDAM itu kan tidak menjangkau juga ke daerah-daerah yang jauh,” ujarnya, Senin (21/8/2023).

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto Singgung Lahan 3 Ribu Hektare di Musrembang

Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto

Photo :
  • Syarifuddin Nasution (Jambi)

Lebih lanjut disampaikan oleh Edi Purwanto bahwa pemerintah harus mengantisipasi kekeringan di sejumlah wilayah. Mengingat bahwa kebutuhan air adalah kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh masyarakat setiap harinya.

DPRD Provinsi Jambi Gelar Acara Halal Bihalal, Edi Purwanto: Semoga Kembali Fitri

“Beberapa wilayah kita lihat sudah ada yang mengambil air jauh dari tempat tinggalnya. Kita minta ini harus dipikirkan juga, jangan sampai masyarakat mengalami kekeringan ekstrem sementara tidak ada upaya dari pemerintah daerah,” jelasnya.

Di sisi lain, Edi Purwanto mengharapkan ada langkah pendistribusian air bersih secara langsung kepada masyarakat bisa dengan menggunakan mobil untuk melakukan penyaluran air ke tiap-tiap daerah yang mudah di jangkau oleh masyarakat.

“Bisa saja dilakukan penyaluran air menggunakan mobil ke daerah-daerah yang sudah mengalami kesulitan air bersih. Yang pasti kita minta pemerintah untuk fokus juga antisipasi kekeringan di tengah musim kemarau saat ini selain juga karhutla," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya