Rocky Gerung Digugat Tak Bisa Jadi Pembicara Seumur Hidup

Aktivis dan pemerhati demokrasi Rocky Gerung saat jumpa pers
Sumber :
  • Rocky Gerung Official

Jakarta Pengadilan Negeri Jakarta Selatan telah menerima gugatan oleh seorang advokat bernama David Tobing. Gugatan itu diajukan untuk Pengamat Politik Rocky Gerung usai beri pernyataan menohok kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Zulhas: Banyak Orang Salah Sangka Prabowo Dianggap Menang karena Bansos

"Menghukum tergugat untuk tidak mengucapkan hinaan kepada Kepala Negara Republik Indonesia sebagai representasi Penggugat selaku Warga Negara Indonesia," bunyi pentitum David, Selasa 22 Agustus 2023.

Adapun gugatan yang diajukan David itu sudah teregister di PN Jakarta Selatan dengan nomer perkara 712/Pdt.G/2023/PN JKT.SEL. Rocky digugat karena perbuatan melawan hukum.

Prabowo Sebut Jokowi Pemimpin yang Ikhlas

David pun meminta kepada hakim agar Rocky Gerung diberi hukuman agar tidak menjadi narasumber di televisi, radio, seminar maupun media sosial. Bahkan, permintaan David juga agar Rocky Gerung diberi hukuman oleh majelis hakim agar tidak bisa jadi pembicara seumur hidup.

"Menghukum Tergugat untuk tidak menjadi pembicara, narasumber, wawancara baik monolog maupun dialog di berbagai acara yang diselenggarakan di suatu tempat, televisi, radio, seminar-seminar, universitas dan melalui media elektronik YouTube, Instagram, Threads, TikTok, Twitter, Facebook, Zoom, Google Meet, Microsoft Teams dan sejenisnya selama seumur hidup," kata David.

Dasco Ungkap Kabar Terbaru soal Ide 'Presidential Club' yang Ingin Dibentuk Prabowo

Rocky Gerung

Photo :
  • YouTube RGTV channel ID

Diberitakan sebelumnya, Rocky Gerung sempat memberikan kritik menohok kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Bahkan, akibta kritikannya itu berujung pada kehebohan di publik dan berujung dilaporkan ke Polda Metro Jaya.

Rocky Gerung diketahui telah melontarkan sebutan ‘bajingan’ kepada Jokowi. Hal itulah yang membikin publik geger.

Namun demikian, Rocky Gerung mengaku bahwa pernyataannya itu memang kerap diucapkan kepada siapapun. Dia menjelaskan bahwa kritikannya itu bukan ditujukan kepada individu Jokowi.

"Saya tidak mengkritik atau menghina Jokowi secara individunya tidak. Karena itu saya kira pak Jokowi juga mengerti, itu yang menyebabkan pak Jokowi tidak mau melaporkan saya. Pak Jokowi mengerti yang disampaikan saya itu kritik terhadap kedudukan publik dia, jabatan publik dia," kata Rocky Gerung kepada wartawan Junat 4 Agustus 2023.

Pun, Rocky menyebut bahwa dirinya tidak ada niatan untuk memberikan pernyataan menohok kepada Jokowi bak seorang pendendam. Dia hanya memposisikan sebuah pemikiran yang demokrasi. 

"Jadi saya paham bahwa kemarahan sebagian pihak itu karena belum bisa menbedakan mana kritik publik mana dendam pribadi. Saya tidak punya dendam dengan pak Jokowi," ucapnya.

Maka dari itu, dia meminta maaf karena sudah membikin gaduh publik atas pernyataannya beberapa waktu lalu itu.

Presiden Jokowi Buka Suara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara terkait diserang Rocky Gerung dengan sebutan ‘bajingan’. Menurut dia, apa yang disampaikan Rocky Gerung merupakan hal sepele.

“Itu hal-hal kecillah,” kata Jokowi di Jakarta pada Rabu, 2 Agustus 2023.

Saat ini, Jokowi mengaku lebih fokus pada menjalankan tugas-tugas pemerintahan dan turun ke masyarakat. Sehingga, ia tidak mau ambil pusing.

“Saya kerja aja,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya