Apresiasi Milenial terhadap Kinerja Prabowo Dinilai Dorong Elektabilitas Tinggi

Menhan RI Prabowo Subianto dalam forum IISS di Singapura
Sumber :
  • istimewa

Jakarta -- Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dipandang sebagai sosok pemimpin yang apa adanya dan fokus kepada kepentingan nasional. Hal itu membuat Prabowo menjadi bakal calon presiden (capres) pilihan di kalangan milenial

Tren Mengemudi di Kalangan Gen Z Menurun, Ini Kata Studi

Demikian dikemukakan Direktur Eksekutif Lembaga Survei Nasional (LSN) Gema Nusantara Bakry. “Anak muda Indonesia ternyata termasuk dalam kategori pemilih rasional (rational voters) yang tidak mudah terjebak oleh pencitraan. Dalam hal ini Prabowo dipandang oleh Gen-Z sebagai sosok pemimpin yang apa adanya, tulus, dan total fokus pada kepentingan nasional,” kata Gema  dalam keterangannya dikutip Sabtu, 26 Agustus 2023.

Dalam survei yang dirilis oleh Lembaga Survei Nasional (LSN) periode 10 – 19 Juli 2023, Prabowo mendapatkan banyak dukungan dari para pemilih muda yang akan ikut memilih pada Pilpres 2024 mendatang. Pemilih yang rata-rata berusia 21 – 24 tahun tersebut, cenderung menjatuhkan pilihannya kepada Prabowo. 

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

Bakal Capres Prabowo Subianto berorasi di Rakernas Apdesi di Universitas Jambi

Photo :
  • Apdesi

Dalam survei itu, sebanyak 39,8 persen responden kelompok umur 17 – 24 tahun yang mewakili generasi Z mengaku akan memilih Prabowo pada kontestasi demokrasi mendatang.

Gak Mau Masuk Pemerintahan Prabowo, Intip Harta Berjalan Ganjar Pranowo

Menurut Gema, pada survei LSN kali ini juga mayoritas generasi Z turut serta mengapresiasi kinerja Prabowo sebagai Menhan di Kabinet Indonesia Maju.  Kinerja Prabowo sebagai menteri pertahanan  dibuktikan dengan berbagai macam hal, terutama yang berkaitan dengan penguatan kerja sama di bidang pertahanan dan keamanan negara. 

Pada Kamis, 24 Agustus 2023, misalnya, Prabowo bertemu dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd James Austin III di Gedung Pentagon, Amerika Serikat. Dalam pertemuan tersebut, Indonesia dan Amerika Serikat telah memutuskan bersama untuk menguatkan hukum dan norma internasional. 

Kemudian meningkatkan kemampuan keamanan dan pertahanan bersama, serta tetap berpedoman pada prinsip-prinsip demokrasi bersama. 

Prabowo dan Austin juga sepakat ASEAN Outlook on The Indo-Pacific dan Strategi Indo-Pasifik Amerika Serikat memiliki prinsip-prinsip dasar yang sama, seperti komitmen untuk menjaga perdamaian, keamanan, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan melalui sentralitas ASEAN. Selain itu, bekerja sama dengan mitra yang memiliki tujuan yang sama, serta berkomitmen penuh terhadap tatanan yang terbuka, inklusif, dan berbasis aturan.

“Mayoritas dari Gen-Z juga mengapresiasi kinerja Prabowo sebagai Menteri Pertahanan RI sebagaimana ditemukan dalam survei LSN kali ini,” kata Gema.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya