Polisi Selidiki Berita Penembakan Aktivis Kemanusian di Papua

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo
Sumber :
  • Aman Hasibuan

Papua - Polda Papua melakukan penyelidikan terhadap pelaku penembakan warga bernama Michelle Kurisi Ndoga di Kimbim, Kabupaten Jayawijaya, Pegunungan Papua, pada Selasa (29/8). 

Terpopuler: Klarifikasi Om Albert, Jenderal Kesayangan Soeharto, dan Mobil Polisi Dibawa Kabur

Penyelidikan itu dilakukan polisi sehubungan dengan adanya pernyataan dari Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) dalam siaran pernyataannya yang menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan penembakan terhadap korban Michelle Kurisi Ndoga.

Dalam narasi tersebut disebutkan bahwa Michelle Kurisi Ndoga adalah seorang agen intelijen Negara Indonesia yang menjadi target penembakan. 

Menguak Motif Epy Kusnandar Pakai Ganja

"TNPB mengaku pembunuhan ini terjadi setelah dia diinterogasi mengenai tujuannya dalam perjalanan menuju ke Kwijawagi, di mana dia bermaksud mengumpulkan data tentang pengungsi perang masyarakat Nduga," ungkap Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo, Rabu 30 Agustus 2023, dalam keterangannya.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo

Photo :
  • Aman Hasibuan
Meningkatkan Literasi Digital di Wilayah Timur, Langkah Menuju Pendidikan Merata

Benny menyatakan pihaknya saat ini sedang melakukan pendalaman dan investigasi lebih lanjut guna memverifikasi kebenaran informasi ini. “Kami telah melakukan penyelidikan yang teliti untuk mengungkap kebenaran dari informasi ini," tegas Kabid Humas.

Selain itu, Kabid Humas juga menekankan pentingnya menunggu hasil penyelidikan resmi sebelum membuat kesimpulan atau mengambil tindakan lebih lanjut. 

"Kami mengajak seluruh masyarakat di Papua dan masyarakat luas untuk tidak terprovokasi propaganda oleh berita yang belum terbukti kebenarannya. Mari kita bersama-sama menunggu hasil penyelidikan yang akan memberikan klarifikasi yang jelas mengenai insiden ini," tambahnya.

Benny menegaskan bahwa penegakan hukum dan keamanan adalah prioritas utama pihaknya di Papua. 

"Kami akan terus bekerja untuk menjaga ketertiban dan keamanan di wilayah Papua, dan kami akan memastikan bahwa setiap pelanggaran hukum akan ditindak dengan tegas sesuai dengan hukum yang berlaku," ungkapnya.

Untuk diketahui, korban Michelle Kurisi Ndoga merupakan aktivis sosial yang banyak dikenal masyarakat karena kepeduliannya terhadap masyarakat dan anak-anak di pelosok-pelosok Papua.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya