Pengelola: Pintu LRT Jabodebek Disesuaikan Tinggi Rata-rata Orang Indonesia 160 Cm

LRT Jabodebek, Ujicoba Terbatas
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – LRT Jabodebek resmi beroperasi dan mengangkut penumpang sejak Senin, 28 Agustus 2023. Setelah dioperasikan rupanya masih terdapat sejumlah masalah yang perlu dibenahi, salah satunya dari sisi kenyamanan penumpang.

Tetap Beroperasi saat Libur Lebaran, LRT Jabodebek Bakal Berlakukan Tarif Promo Akhir Pekan

Persoalan kenyamanan ini dikeluhkan oleh pengguna LRT Jabodebek bernama Bagas Wijaya, melalui akun Twitternya dia mengaku memiliki tinggi 180 cm, sehingga cukup kesulitan saat melalui pintu kereta yang terlalu pendek.

LRT Jabodebek, Ujicoba Terbatas

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
18 Perjalanan LRT Jabodebek Terganggu Gegara Gangguan Sistem Pengereman, KAI Minta Maaf

Mohon maaf ini pintu keretanya pendek & tidak ramah untuk orang setinggi 180 cm. Masuk-keluar kereta nunduk, pindah antar sambungan kereta nunduk, entah ngukur dimensinya pakai standar mana. Kereta MRTJ & LRTJ kayaknya gak sependek ini tingginya,” tulis Bagas di Twitter @gerbongbagasi dikutip Rabu, 30 Agustus 2023.

Selain Bagas, pengguna LRT Jabodebek lain yakni Zaidan juga mengeluhkan hal serupa, pria yang juga memiliki tinggi 180 cm ini mengaku harus menunduk saat melewati pintu kereta, sebab jika berjalan tegak, kepalanya bakal terbentur.

Rekomendasi Sandal Stylish dan Nyaman untuk Hari Raya Lebaran

“Iya kalo nggak menunduk benjol saya, tapi kalau sudah di dalamnya sih aman,” ujar Zaidan kepada VIVA, Kamis, 31 Agustus 2023.

Merespons hal tersebut, Kepala Humas LRT Jabodebek, Kuswardojo mengatakan ukuran pintu didesain berdasarkan tinggi rata-rata badan orang Indonesia.

"Memang sudah didesain oleh teman-teman dari INKA bahwa sarana kereta untuk commuter itu memang seperti itu standarnya. Tingginya sudah disesuaikan dengan tinggi rata-rata orang Indonesia," ujarnya kepada awak media Kamis, 31 Agustus 2023.

Dia mengungkap, saat hari pertama uji coba ada warga negara asing atau WNA yang kesulitan saat masuk dan berada di dalam LRT, atas ketidaknyamanan tersebut dia menyampaikan permohonan maafnya.

"Seperti kemarin kami juga mendapat penumpang yang kebetulan WNA, tingginya sampai 2,1 meter. Bahkan mereka sambil bersandar untuk bisa masuk," kata dia

"Tentunya kami mohon maaf karena desain ini diperuntukkan buat warga negara kita, yang tingginya rata-rata 160 cm," pungkasnya

Penumpang padati stasiun LRT Jabodebek karena gangguan.

Photo :
  • Istimewa.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya