PM Timor Leste Xanana Gusmao Tiba di Indonesia Hadiri KTT ke-43 ASEAN

PM Timor Leste Xanana Gusmao Kunjungi Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

Jakarta - Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmao tiba di Indonesia pada Senin, 4 September 2023. Ia mendarat di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten sekira jam 11.04 WIB.

PM Muslim Pertama Skotlandia Mundur dari Jabatan Usai Kirim Bantuan ke Gaza

Berdasarkan tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Xanana disambut oleh Penjabat Gubernur Banten, Al-Muktabar di Ruang Naratetama Bandara Soekarno-Hatta.

Sebelumnya, Perdana Menteri Kepulauan Cook Mark Brown tiba di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten pada Minggu, 3 September 2023 sekira pukul 19.25 WIB. 

Momen Prabowo Ditarik Wakil PM Singapura Lawrence Wong di Istana Bogor

Sementara, PM Mark diagendakan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 di Jakarta dalam kapasitasnya sebagai Ketua Pacific Island Forum (PIF). 

Tampak menyambut ketibaan PM Mark Brown di ruang naratetama Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta yaitu Pj. Gubernur Banten Al Muktabar dan Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Novie Riyanto.

Jokowi Ajak PM Singapura Lee Jadi Pengembang Kawasan Industri Halal di Tiga Daerah RI

Rencananya, kedua Perdana Menteri diagendakan akan bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat pada Senin, 4 September 2023.

Diketahui, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada Selasa, 5 September 2023. Perhelatan yang dihadiri 11 negara ASEAN dan sembilan negara mitra akan berlangsung sampai 7 September 2023.

Dua negara lainnya yang diundang adalah Bangladesh sebagai Ketua Indian Ocean Rim Association (IORA), dan Kepulauan Cook selaku Ketua Pasific Island Forum (PIF).

Dikutip dari laman resmi Sekretariar Kabinet, Presiden Jokowi diagendakan akan memimpin 12 pertemuan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN. Rangkaian pertemuan tersebut yaitu KTT ke-43 ASEAN dalam format plenary dan retreat, KTT ke-26 ASEAN-Tiongkok, KTT ke-24 ASEAN-Korea Selatan, KTT ke-26 ASEAN-Jepang, dan KTT ke-11 ASEAN-Amerika Serikat.

Pertemuan lainnya KTT ASEAN-Kanada, KTT ke-26 ASEAN Plus Three, KTT ke-20 ASEAN-India, KTT ke-3 ASEAN-Australia, KTT ke-18 Asia Timur (EAS), dan KTT ke-13 ASEAN-Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya