Jokowi: Ketergantungan ASEAN Terhadap Sumber Energi Fosil Harus Dikurangi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Plenary Session KTT ASEAN ke-43.
Sumber :
  • gallery.asean

JakartaPresiden Joko Widodo (Jokowi) membuka KTT ASEAN Republik of Korea (RoK) di JCC Senayan, Jakarta pada Rabu, 6 September 2023. Tentu, Jokowi mengapresiasi Republik Korea (RoK) terhadap penyelenggaraan ASEAN Indo Pasific Forum (AIPF).

Klarifikasi 'Om Albert' soal Viral Video Ajak Youtuber Korea ke Hotel

“Saya mengapresiasi dukungan Korea terhadap ASEAN Indo Pasific Forum. Ini adalah wujud nyata kerja sama inkusif untuk menjaga stabilitas dan kesejahteraan di kawasan Indo Pasifik,” kata Jokowi.

Menurut dia, kemitraan ASEAN Korea adalah kemitraan masa depan dengan pilar utama transisi energi dan transformasi digital. Selain itu, ketergantungan ASEAN terhadap 78 persen sumber energi fosil harus dikurangi.

Sagil Siswa SD Tinggi 2 Meter, YouTuber Korea Diajak ke Hotel hingga IRT di Garut Tewas Dibunuh

Ilustrasi tempat pengolahan minyak dan gas bumi.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

“Di saat yang sama dalam 1 dekade ke depan, ekonomi digital di ASEAN terus diperkirakan menyumbang 1 triliun USD GDP kawasan,” ujarnya.

Kemenhub Siapkan Sanksi untuk Pejabatnya yang Goda-Ajak YouTuber Korsel ke Hotel

Namun, lanjut dia, transisi energi dan transformasi digital butuh investasi dan transfer teknologi yang tidak sedikit sehingga dibutuhkan kolaborasi dan kemitraan untuk mewujudkannya.

“Kemitraan masa depan hanya akan bisa dicapai jika stabilitas kawasan dijaga, jika tensi dan rivalitas diturunkan, jika kepercayaan strategis dipertebal, dan jika kebiasaan kerja sama ditingkatkan. Ini merupakan tanggung jawab kita semua yang berada di kawasan Indo Pasifik,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya