Kebakaran Kembali Terjadi, Wisata Gunung Bromo Tutup Total

Kebakaran di Savana Kaldera, blok Savana Lembah Watangan Gunung Bromo
Sumber :
  • Instagram: TNBTS

Malang –  Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) menutup total kawasan wisata Gunung Bromo akibat terjadi kebakaran hutan di Savana Kaldera, blok Savana Lembah Watangan atau Bukit Teletubbies.

Ada Pemadaman Lampu 60 Menit di Jakarta Malam Ini, Simak Daftar Lokasinya

“Kegiatan wisata Gunung Bromo ditutup secara total sejak Rabu, 6 September 2023 mulai pukul 22.00 WIB sampai dengan batas waktu yang belum bisa ditentukan,” ujar Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS Septi Eka Wardhani, dilihat dalam pengumuman di akun Instagram resmi TNBTS, Kamis, 7 September 2023.

Petugas berusaha memadamkan kebakaran api di savana Gunung Bromo

Photo :
  • VIVA/Lucky Aditya
Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Septi mengatakan penutupan ini dilakukan untuk kelancaran proses pemadaman api sekaligus memperhatikan keamanan pengunjung.

Ia menyampaikan kepada pengunjung yang telah melakukan pembelian karcis melalui booking online untuk segera mengajukan reschedule saat wisata kembali dibuka. Adapun, caranya akan diinformasikan menyusul.

KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

Untuk mencegah kebakaran terus terjadi, Septi mengimbau kepada para pengunjung Gunung Bromo untuk tidak menyalakan api atau membawa barang-barang yang dapat memicu timbulnya api, seperti petasan, kembang api dan flare.

“Ini dilakukan demi keamanan dan keselamatan bersama,” kata dia

Selain itu, Septi juga meminta pra pengunjung memanggil atau melaporkan kepada petugas jika menemui titik api di kawasan TNBTS.

Sebelumnya, Gunung Bromo baru saja dibuka pada Senin, Selasa, 5 September 2023 selepas proses pemadaman api berhasil dilakukan di kawasan Perum Perhutani. Namun, diduga akibat ulah pengunjung yang menyalakan flare saat foto prewedding di Bukit Teletubbies, api kembali muncul sehingga wisata ditutup total.

Petugas berusaha memadamkan kebakaran api di savana Gunung Bromo

Photo :
  • VIVA/Lucky Aditya
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya