KPK Geledah Rumah Politikus PKB Reyna Usman Terkait Dugaan Korupsi Sistem Pengawasan TKI

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri.
Sumber :
  • VIVA/Zendy Pradana.

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini melakukan penggeledahan di rumah politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Reyna Usman. Penggeledahan itu dilakukan demi memenuhi alat bukti dalam dugaan kasus dugaan korupsi di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) 2012.

Dewas Dipersilahkan Proses Etik Nurul Ghufron Kata Pimpinan KPK

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri mengatakan bahwa penggeledahan itu berlangsung di kawasan Badung, Bali.

"Melanjutkan proses pengumpulan alat bukti, hari ini (7/9) Tim Penyidik melakukan penggelahan di wilayah Kabupaten Badung, Bali. Lokasi dimaksud berada di Jl. Tunon Mengwi Buduk," ujar Ali Fikri kepada wartawan, Kamis 7 September 2023.

Usai Geledah Ruang Kerja Sekjen DPR, Penyidik KPK Bawa Koper Hitam dan Ransel Merah

Gedung KPK (Foto Ilustrasi)

Photo :
  • KPK.go.id

Namun demikian, Ali belum bisa menjelaskan secara gamblang terkait penggeledahan itu. Sebab saat ini tim penyidik KPK masih melangsungkan penggeledahan itu.

Kans Anies Maju Lagi di Pilgub Jakarta 2024, Cak Imin: Dia Selalu Bilang Jeda Dulu

"Proses penggelahan sedang berlangsung dan segera kami sampaikan perkembangannya," ungkap Ali.

Diberitakan sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil eks Dirjen Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Reyna Usman hari ini, Senin, 4 September 2023.

Reyna yang merupakan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (DPW PKB) Bali dipanggil untuk menjalani pemeriksaan terkait dugaan korupsi pengadaan sistem proteksi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Kemenaker era Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menjadi menteri pada 2012 silam.

"Untuk perkara dugaan tindak pidana korupsi di Kemenaker. Betul hari ini penyidik memanggil saksi Reyna Usman sebagai saksi," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya.

Gedung Kemnaker RI

Photo :
  • Kemnaker

Ali mengatakan Reyna Usman telah berada di Gedung KPK Merah Putih dan tengah menjalani pemeriksaan atas kasus dugaan korupsi itu. "Saat ini masih menjalani pemeriksaan tim penyidik," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya